Pengawasan Pembinaan Satuan, Waasops Kasad Bidang Siapsat Kunjungi Korem 042/Gapu

JAKARTA-GemilangNews.Com | Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M beserta staf dan Dandim jajaran Korem 042/Gapu menerima kunjungan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasad Bidang Siapsat Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M di Makorem 042/Gapu Jalan Jenderal Urip Sumohajo, Kota Jambi, Rabu (1/12/2021).

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat ke Korem 042/Gapu dalam rangka melaksanakan Pengawasan Kegiatan Pembinaan Satuan (Wasgiat Binsat) TNI AD tahun 2021, Korem 042/Gapu beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Danrem 042/Gapu mengucapkan selamat datang kepada Waasops Kasad Bidang Siapsat bersama Tim Wasgiat Binsat TNI AD di Makorem 042/Gapu.

Selanjutnya Danrem mengatakan bahwa Binsat merupakan upaya kerja yang meliputi kegiatan perencanaan, pembinaan organisasi, pembinaan kemampuan satuan, Harpers, Harkat dan Peranti lunak.

Binlat untuk dapat membentuk satuan yang siap dioperasikan melalui peningkatan kualitas 6 komponen dari kondisi sebelumnya menjadi kondisi baik, yang meliputi bidang organisasi, bidang personel, bidang materiel, bidang pangkalan, bidang piranti lunak dan bidang latihan, ” ungkap Danrem.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa Korem 042/Gapu membawahi 5 Kodim yang tersebar di Provinsi Jambi. Di antaranya Kodim 0415/Jambi yang menjadi juara lomba Binter tingkat Pusat Kodim type A, dan dalam waktu dekat juga akan dibangun 1 Kodim baru pemekaran dari Kodim 0415/Jambi, sehingga nantinya Kodim 0415/Jambi hanya membawahi Kota Jambi saja.

Disampaikan Danrem, bahwa Korem mempunyai Panti Asuhan Bhadar Garuda Putih yang menampung putra putri KBT, anak yatim piatu akibat Covid -19 serta masyarakat sekitar Makorem.

Pada kesempatan tersebut, Waasops Kasad Bidang Siapsat Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M mengatakan kunjungan ini dalam rangka melaksanakan pengawasan dan evaluasi terutama di bidang pembinaan satuan yang meliputi 6 komponen, di antaranya bidang personel, bidang materiel dan bidang pangkalan.

Lebih lanjut Brigjen TNI Rifki mengatakan, bahwa kekurangan personel dalam mengisi jabatan-jabatan tertentu harus disikapi oleh para komandan satuan dengan skala prioritas dihadapkan dengan kepentingan tugas.

“Ada beberapa aspek yang kurang contohnya segi personel, tapi memang seluruh Angkatan Darat kalau kita tinjau dari segi personel tidak ada yang terpenuhi 100 persen, tapi saya sudah mengingatkan supaya Satuan Korem dan Kodim agar mengusulkan untuk adanya penambahan, karena di samping itu ada juga program kita yang saat ini di mana ada Tamtama dan Bintara baru itu untuk bisa langsung masuk ke Kodim atau Korem, ” jelasnya.

“Di samping itu juga pembinaan organisasi, di situlah para komandan satuan agar mengisi jabatan – jabatan yang penting, bukan yang tidak penting dikosongkan, tapi memang ada kebijakan para pimpinan dan komandan satuan untuk melaksanakan pada pembinaan yang disampaikan tadi, ” tambahnya.

Waasops Kasad Bidang Siapsat juga menerima paparan dari Kasiops Kasrem 042/Gapu, Dandim 0419/Tanjab dan Dandim 0420/Sarko, mengenai Pembinaan Satuan.

Sumber : Dispenad

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!