Bustomi Resmi Menjabat Ketua Padepokan Pencak Silat Bandrong Empat Penjuru Angin

KAB.SERANG-Gemilangnews.com

Eksitensi seni budaya pencak silat Bandrong di Kabupaten Serang semakin berkembang seiring tumbuhnya peguron-peguron atau yang sekarang di sebut padepokan.

Seperti halnya Padepokan Pencak silat Bandrong ” Empat Penjuru Angin” yang beralamat di Kp Walikukun Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang yang baru saja dilantik dan di resmikan oleh Ketua DPD Bandrong Kabupaten Serang, Sabtu (13/11/2021) kemarin.

Pelantikan dan Peresmian Padepokan Pencak Silat Bandrong Empat Penjuru Angin di hadiri oleh Salah Satu Penggagas Gerakan Perpaduan Silat-Silat yang ada di Kabupaten Serang, IPSI Provinsi Banten, Ketua DPD Bandrong Kabupaten Serang, Padepokan Bandrong Se-Kabupaten Serang dan Cilegon, Peguron-Peguron Bandrong Se-Kabupaten Cilegon, Trumbu Banten Indonesia dan tamu undangan lainnya yang turut hadir dalam rangkaian acara dengan penuh kekompakan dan penuh semangat.

Bustomi selaku Ketua Padepokan Pencak Silat Bandrong Empat Penjuru Angin mengatakan, Sejak 1965 leluhur mendirikan persatuan pencak silat, dari nenek moyang terdahulu dan sudah turun temurun ke anak cucu. Dan setelah menunggu penantian panjang akhirnya Sabtu (13/11/2021) ini di resmikan dan di akui oleh Persatuan Bandrong Banten.

Bustomi juga menjelaskan asal usul pemberian nama Empat Penjuru Angin pada padepokannya,karena di awal dari gabungan teknik jurus berbagai wilayah dan mencakup beladiri yang berisi teknik dari seluruh penjuru daerah.

“Diberi nama Empat Penjuru Angin Awalnya dari gabungan teknik jurus berbagai wilayah dan mencakup beladiri dari seluruh penjuru daerah, serta perjuangan pendahulu yang berjuang berkelana di seluruh wilayah Se-Indonesia dan di gabung, di olah menjadi satu,” terangnya.

Saat di tanya terkait berapa anggota yang sudah bergabung di Padepokan Bandrong Empat Penjuru Angin, Bustomi memaparkan bahwa saat ini anggota yang sudah bergabung di Padepokan Empat Penjuru Angin kurang lebih ada 200 orang, tidak ada kreteria khusus jika ada anggota baru ingin bergabung di padepokan ini, untuk usia mulai dari usia 7 tahun sampai usia mampuh dan sanggup menjunjung tinggi persatuan tanpa ada batasan dan Padepokan ini di buka untuk umum.

“Padepokan ini dibuka untuk umum, yang ingin melestarikan budaya kesenian Bandrong dari wilayah kami terbuka selebar-lebarnya”, paparnya.

Bustomi juga menambahkan, Kedepannya kami akan bekerjasama dengan instansi terkait diantaranya Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Serang untuk sama-sama menjalankan program pemerintah serta melestarikan seni adat budaya warisan leluhur.

“Besar harapan kami bisa mempertahankan dan melestarikan seni budaya leluhur kita lebih jauh lagi hingga ke seluruh nusantara dan manca negara menciptakan cikal bakal generasi yang berbakat dalam seni beladiri dan memiliki budi pekerti yang tinggi antar sesama mampu menghormati yang lebih tua menyayangi yang lebih muda”.

Pengurus Padepokan Pencak Silat Bandrong Empat Penjuru Angin yang di lantik pada kesempatan tersebut diantaranya : Bustomi yang menjabat sebagai ketua, sedangkan wakil ketua di jabat oleh M. Maudi Wakil ketua I dan Sahron Hidayat wakil ketua II, Sekretaris I Sohibulloh Sekretaris II Faed Al Falah, Bendahara I Fikri dan Bendahara II Habibullah.

Lebih lanjut untuk masing-masing bidang diantaranya Bidang Organisasi Ibeng, Nurhadi, dan Basiri. Bidang Pelatih : Bowo, Soderi dan Opik. Bidang Peralatan : Bedi, Lujen, Ardi dan Jaman. Bidang Humas : M. Iqbal EL, Irfan Kurnaefi, Wahyu dan Diri.

Pelantikan dan Peresmian Pengurus Padepokan Pencat Silat Bandrong Empat Penjuru Angin bertujuan agar dapat menjadikan pengurus yang amanah dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.

“Selamat dan Sukses Bagi Pengurus Yang Baru Dilantik”

Reporter : Fauji

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you will find 26247 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you can find 55802 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Here you will find 72229 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/11/14/bustomi-resmi-menjabat-ketua-padepokan-pencak-silat-bandrong-empat-penjuru-angin/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!