LASKAR MERAH PUTIH MEMAKNAI HARI KESAKTIAN PANCASILA

Jakarta | GemilangNews.Com – Setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian pancasila yang dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa, mengembalikan Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan sumber dari segala sumber hukum Republik Indonesia yang mengatur masyarakat Indonesia dalam semua sendi kehidupan,berbangsa dan bernegara.

Hari Kesaktian Pancasila lahir dari peristiwa kelam pada Gerakan 30 September 1965 yang telah menewaskan 6 Jenderal dan satu Perwira Pertama dari TNI Angkatan Darat dan korban-korban lain yang dibantai begitu kejam oleh PKI.

Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. Sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan keutuhan Bangsa Indonesia.

Oleh Karena itu Berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967, tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Nasional dengan sebutan Hari Kesaktian Pancasila, yang telah diperingati selama 54 tahun yang lalu sampai sekarang (1967-2021).

Kesaktian Pancasila bukan hanya sekedar dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, Namun juga Sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan keutuhan Bangsa Indonesia tetap menjaga idelogi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sehingga tidak berlebihan bila peringatan hari kesaktian Pancasila diperingati dengan meningkatkan komitmen tetap teguh untuk menjaga NKRI,Pancasila,UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai empat Konsensus Dasar Kebangsaan Indonesia sebagai hal muhtlak yang bukan hanya sebagai kewajiban melainkan juga sebagai Hak milik semua komponen bangsa Indonesia.

Pancasila pada hakekatnya merupakan suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sendiri merupakan wujud kepribadian bangsa Indonesia yang berkembang sejak dahulu hingga saat ini.

Sehingga makna dari Kesaktian Pancasila adalah Pancasila sebagai Dasar Negara,UUD 1945 sebagai Sumber Hukum,NKRI sebagai bentuk negara,Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan yang melengkapi Falsafah dasar negara,Sumber hukum dan ketegasan bentuk negara, yang tidak boleh diubah oleh siapapun.

Hari Kesaktian Pancasila saat ini sudah seharusnya dijadikan sebagai simbol makna perdamaian,toleransi,dan komitmen penguatan nasionalisme disaat maraknya upaya untuk mendegradasi Pancasila sebagai Ideologi bangsa,serta semakin kuatnyanya Brutalisme radikal yang memaksakan budaya asing untuk mengganti budaya asli Indonesia dalam bingkai Kebhinnekaan.

Peringatan hari Kesaktian sepatutnya sebagai sumber kekuatan bagi seluruh kekuatan Indonesia untuk melawan Radikalisme yang terus merong-rong Kedaulatan NKRI melalui upaya-upaya mengebiri Nilai-nilai luhur Pancasila sebagai kepribadian  bangsa dengan berbagai Hoax dan manipulasi dalil agama untuk mencapai tujuan sekelompok ambisiwan melalui upaya penghancuran nilai budaya asli Indonesia.

Oleh Karena itu, nilai nasionalisme bangsa Indonesia hanya dapat terwujud melalui upaya menjaga empat Konsensus Dasar Kebangsaan (NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika) bukan sebagai pilar yang dapat dirobohkan/dihancurkan.

Laskar Merah Putih (LMP) merupakan Ormas implementasi dari sebuah makna kebangsaan yang memiliki orientasi memaknai Hari Kesaktian Pancasila sebagai Barometer untuk mewujudkan Nilai keragaman dalam perbedaan sesuai Pancasila sebagai idelogi/asas Organisasi,UUD 1945 sebagai sumber hukum negara dan AD/ART LMP, sehingga dapat menjadikan perbedaan Suku,RAS,Agama,dan Tradisi budaya sebagai keragaman warna indah yang menciptakan damai bagi sesama anak bangsa Indonesia tutup Susandi, SH selaku Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi DKI Jakarta dengan didampingi oleh Chandra Kirana, CM.NLP., CHt selaku Sekretaris Daerah Laskar Merah Putih DKI Jakarta di Kantor Sekretariat Markas Daerah Laskar Merah Putih DKI Jakarta.

Sumber : Ketua LMP Mada DKI Susandi.SH

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/29/laskar-merah-putih-memaknai-hari-kesaktian-pancasila/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you can find 96923 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/09/29/laskar-merah-putih-memaknai-hari-kesaktian-pancasila/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you will find 46698 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/29/laskar-merah-putih-memaknai-hari-kesaktian-pancasila/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2021/09/29/laskar-merah-putih-memaknai-hari-kesaktian-pancasila/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!