Komnas Perlindungan Anak: Perbudakan Seksual Terhadap Anak di Toba Fakta yang Tidak bisa Tersembunyikan (Tihas Naso Tarpabuni)

Jakarta, GemilangNews.Com- Dihimpun dari rilis tertulis Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait. Meningkatnya kasus kekerasan seksual dan perbudakan seksual terhadap anak di wilayah hukum Kabupaten TOBA sudah sangat membutuhkan kehadiran dan intervensi pemerintah untuk membuat sistem pendataan serta mekanisme perlindungan Anak sehingga mempermudah masyarakat memberikan akses melindungi anak. Selasa, 18/05/2021.

Sepanjang tahun 2020, fakta dan data yang terkonfirmasi bahwa Kasus-kasus kejahatan seksual di Kabupaten Toba  sudah tidak lagi berada pada situasi “Darurat” namun fakta menunjukkan sudah masuk dalam situasi Abnormal, menjijikan dan sudah tidak bisa lagi diterima oleh akal sehat manusia. Kejahatan memalukan ini sudah tidak bisa lagi tersembunyikan (Tihas na so Tarpabuni-red).

Ada banyak kasus kejahatan  dan perbudakan seksual terhadap anak  di TOBA justru dilakakukan oleh orang terdekat anak. Sementara kita tahu bahwa Kawasan TOBA adalah masuk kategori daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat ke Batakan, religious, serta mengedepankan “Dalihan Natugu”  saling menhormati dan taat pada adat dan budaya. Oleh karena itu betapa diharapkan intervensi dan kehadiran  gereja, alim ulama, tokoh masyarakat dan adat.

Namun apa yang terjadi, ada peristiwa memalukan di Kecamatan Silaen misalnya seorang anak perempuan usia 12 tahun, 2 tahun yang lalu mengalami perbudakan seksual dari ayah dan paman kandungnya hinga melahirkan anak. 

Dua orang anak masing-masing  usia 7 dan 9 tahun menjadi korban korban kejahatan seksual berulang yang dilajukan ayah kandungnya di desa Sionggang, Kecamatan Lumbanjulu, dan bahkan kedua anak korban dan ibunya terpaksa diusir dari desanya karena membawa aib desa, seorang Kepala Desa  Sitoluama, di Kecamatan Laguboti,  melakukan persetubuan secara paksa terhadap anak  warga pendatang dan telah dihukum 12 tahun penjara, seorang lagi berprofesi sebagai wartawan di desa Narumonda melakukan kejahatan seksual berulang terhadap ponakannya sendiri (paraman-red) secara berulang.

Seorang ayah kandung di Desa Sianipar Balige memperbudak secara seksual dua putri kandungya sendiri, kemudian seorang Kakek usia 72 tahun di di desa Sosorladang, Kecamatan Porsea melakukan kejahatan seksual terhadap 7 anak usia 5-7 tahun.

Peristiwa yang sama  juga terjadi, seorang guru  di salah satu SMK di Balige  demikian juga di Narumonda dan di Sigumpar melakukan kejahatan seksual terhadap muridnya. 

Seorang guru TK di Balige juga kedapatan melakukan kejahatan seksual yang disinyalir dilakukan terhadap 5 orang muridnya.

Dan ada banyak lagi kasus-kasus kejahatan serupa yang terjadi di TOBA,  dimana perkaranya yang saat ini masih dalam proses penyelidikan Polres Toba dan dalam proses penuntutan Jaksa di Pengadilan. 

Atas peristiwa ini, dan demi masa depan dan kepetingan terbaik anak di Kabupaten Toba, Komnas Perlindungan Anak sebagai mitra kerja strategis pemerintah dalam memberikan pembelaan perlindungan anak menuntut pemerintah untuk hadir menyelamatkan anak di Toba, demikian disampaikan Arist  Merdeka Sirait Ketua Komnas Perlindungan Anak dalam catatan kritisnya menyikapi meningkatnya kasus kejahatan seksual yang terjadi di Toba yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah,  gereja masyarakat,  dan stakeholder perlindungan anak.

Lebih lanjut Arist dalam catatan kritisnya, untuk memutus mata rantai pelanggaran hak Anak di Toba, Bupati terpilih diminta untuk memberikan perioritas perlindungan Anak dengan mengalokasi anggaran pemberdayaan dan perlindungan anak yang  berbasis desa yang cukup.

Anggaran dan program pemberdayaan itu dapat diintegrasikan dengan program pemberdayaan pedesaan.

Disamping itu, untuk melibatkan partisipasi dan memberikan  masyarakat guna memberikan perlindungan anak,  Bupati  dan jajarannya, diminta segera mencanangkan di tiap-tiap tempat, baik di desa, dusun dan kampung dan lintas dinas dibangun Gerakan Perlindungan Anak berbasis kekuarga dan kampung.

Setiap anggota masyarakat di masing-masing di TOBA menjadi “Pelopor dan Pelopor” perlindungan Anak. Sehingga tiap-tiap warga kampung  menjaga dan melindungi anaknya. 

Itulah yang disebut gerakan perlindungan anak sekampung, demikian disampaikan Arist dalam catatan kritisnya terhadap situasi anak di Toba.

Dalam penegakan hukum untuk kasus-kasus kejahatan seksual yang terjadi di TOBA tidaklah berlebihan jika KOMNAS Perlindungan Anak memberikan apresisi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polres Toba, Jaksa serta Pengadilan Negeri Balige.

Admin : (Redaksi GN/Komnas PA) 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Read More Information here on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  7. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  8. … [Trackback]

    […] Here you can find 94478 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

  9. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2021/05/18/komnas-perlindungan-anak-perbudakan-seksual-terhadap-anak-di-toba-fakta-yang-tidak-bisa-tersembunyikan-tihas-naso-tarpabuni/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!