Polsek Wanayasa Polres Purwakarta Terus Mengedukasi Masyarakat Bahaya Covid-19

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Berbagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta, kian gencar dilakukan jajaran Kepolisian (Resor) Polres Purwakarta.

Seperti halnya dilakukan lakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Wanayasa, yang terus gencar melakukan langkah antisipasi seperti terus mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan menjaga jarak dan memekai masker (3M).

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Wanayasa, IPTU Darmadji mengatakan, untuk mengedukasi masyarakat pihaknya melakukan berbagai cara, seperti Oprasi Yustisi dan melakukan pemantauan secara langsung di kegiatan masyarakat Wanayasa dan memberikan imbauan kepada warga.

“Masih ada saja ditemukan oleh petugas operasi yustusi, warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga harus mendapatkan tindakan berupa bentuk teguran,” ungkap Darmadji, pada Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, Oprasi ini digelar secara humanis dan persuasif, guna mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 dengan sasaran pengguna jalan yang tidak menggunakan masker di luar rumah.

Darmadji meyakini dengan adanya kerja sama dari berbagai elemen masyarakat dalam gerakan 3M, Covid-19 yang tengah mewabah ini bisa segera teratasi.

“Mari kita saling mengingatkan, saling bertukar informasi, laksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan penuh kesadaran akan pentingnya kesehatan, untuk kita diri sendiri dan orang lain.” ucap Kapolsek Wanayasa.

Guna meningkatkan kewaspadaan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19, Kata Darmadji, petugas gabungan akan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan menyosialisasikan khususnya pengendara dan masyarakat Wanayasa ataupun yang melintas di Kecamatan Wanayasa untuk menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

“Tak hanya itu, kami juga akan terus melaksanakan kegiatan pre-emtif ini termasuk membagikan masker gratis kepada mereka yang tak menggunakan masker. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan dan mudah-mudahan segara berakhir,” harapnya.

Tak henti-hentinya Kapolsek Wanayasa menghimbau masyarakat agar dapat melindungi diri sendiri dan membantu mencegah penyebaran virus covid-19 kepada orang lain. Dengan begitu dapat membantu melakukan langkah-langkah yang dianjurkan pemerintah.

“Sering-seringlah mencuci tangan. Bersihkan tangan secara rutin dan menyeluruh dengan alkohol atau cuci tangan menggunakan sabun dan air,” ucap Darmadji.

Selain itu, pakailah masker dan hindari menyentuh wajah. Tangan menyentuh banyak benda dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Hindari berjabat tangan dengan orang lain dan jaga jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) diantara siapa saja yang batuk atau bersin.

“Kami berharap, masyarakat dapat lebih aware dengan melindungi diri dan keluarga dari terpaparnya Covid-19. Kami akan terus mengajak masyarakat untuk selalu ‘Ingat Pesan Ibu’, yaitu menerapkan protokol kesehatan 3M, dengan Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun,” tungkasnya.

Sumber : Subbag Humas Polres Purwakarta

JELAJAHI