Aksi Damai di Hari Sumpah Pemuda Menolak UU Cipta Kerja Omnibus Law

Jakarta, GemilamgNews.Com- Bertepatan dengan “Hari Sumpah Pemuda” yang jatuh pada hari ini, Rabu, tanggal 28 oktober 2020, dari berbagai elemen buruh yang mengatasnamakan “Serikat Buruh Indonesia” dan sejumlah Mahasiswa kembali berdemonstrasi di dua titik, Patung Kuda Jakarta Pusat dan Tugu Proklamasi Jakarta Pusat. 

Hal tersebut dilaporkan oleh Tim yang berada dilokasi Patung Kuda Jakarta Pusat, dimana terlihat pada pukul 15.00 Wib diperkirakan ribuan massa kembali mengutarakan aspirasinya dalam menuntut penolakan rancangan Undang – undang Omnibus Law Cipta Kerja yang saat ini belum menemui titik terang. 

Terlihat dilokasi, dengan konsistensi Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru bersama Dandim 0501/JP BS Kolonel Infantri Luqman Arief S.I.P yang selalu setia memberikan pengawalan dengan keamanan dan kenyamanan dari hari pertama para demonstran ini berdemo hingga saat ini. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru kepada awak media menuturkan, pada hari ini ribuan personil baik TNI dan Polri disiagakan dalam pengamanan aksi tersebut. 

“Untuk pengamanan diluar Istana kita ada 3 titik, Patung kuda, di Ambon 9 dan di Harmoni jumlah total personil kita TNI/Polri berjumlah empat ribu seratus sembilan puluhan,” Ujarnya kepada awak media dilokasi. 

Dari siang tadi, lanjut Heru, massa Orasi – orasi dan mudah – mudahan adik – adik mahasiswa ini juga berorasi mengaspirasikan suaranya sesuai dengan aturan yang ada. 

Kombes Pol Heru juga memaparkan dalam pengamanan kali ini, petugas tidak menggunakan peralatan seperti tameng dan sebagainya. 

“Dalmas awal kita untuk mengamankan aksi mereka, protap awal seperti kita tidak memakai tameng dan tidak menggunakan peralatan.” Urainya. 

Pengamanan tak hanya di lokasi patung Kuda saja, personil TNI dan Polri juga turut memberikan pengawalan aksi demo di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat. 

Hal yang sama diungkapkan oleh Dandim Jakarta Pusat, Luqman. Dirinya mengatakan demo hari ini cukup kondusif dan diharapkan tetap kondusif dalam menyuarakan aspirasi. 

“Demo hari ini terlihat cukup kondusif, semoga sampai selesainya aksi situasi tetap aman dan kondusif.” Ujarnya. 

Dilaporkan dilapangan oleh tim, pada pukul 17.30 Wib massa membubarkan diri sengan tertib.

Foto : Kapolres Metro Jakpus, Kombes Pol Heru Amankan Terduga Copet dari Amukan Massa. Dok. (Redaksi GN/Tim)

Ditemui dilokasi ada diamankan salah seorang terduga copet, dan demi menghindari amukan massa, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru bersama petugas dengan sigap mengamankan terduga pelaku copet tersebut. 

Admin : (Redaksi GN/Tim) 

JELAJAHI