Ketua DPRD Paparkan Raperda Inisiatif Merupakan Aspirasi Masyarakat Ponorogo

Ponorogo, GemilangNews.Com- Disela – sela Rapat Paripurna DPRD Ponorogo dengan agenda Penyampaian Atas Usul 5 (Lima) Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Ponorogo di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Ponorogo, Senin (19/10/2020),

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto memaparkan bahwa kelima raperda inisiatif ini adalah tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang masuk kepada para anggota dewan. 

Menurut Sunarto, aspirasi tersebut menyatakan adanya harapan ada payung hukum yang jelas tentang hal-hal yang menjadi raperda inisiatif.

“Usulan raperda tentang sumber air tanah ini dilatarbelakangi maraknya sumur sibel yang memunculkan banyak persoalan, termasuk konflik sosial,” tambahnya.

Sementara itu terkait BMI, Pemkab Ponorogo dan DPRD kesulitan melakukan advokasi atas BMI dari Ponorogo karena tidak ada regulasinya. 

“Soal persampahan juga masih perlu ditertibkan pengelolaannya,” imbuhnya. 

Sedangkan untuk fasilitasi madrasah diniyah belum mendapat perhatian maksimal. 

“Soal desa wisata juga perlu diatur agar lebih tertib dan mudah dalam pengelolaan dan saat harus melakukan kerja sama,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan banyak aspirasi yang masuk yang menyatakan mereka butuh payung hukum yang jelas dan konkret. 

“Maka kita lakukan pembahasan dan kita susun raperda itu. Sekarang sudah mulai dibahas. Kita menunggu jawaban dari eksekutif. Bila mendukung maka akan ditindaklanjuti ke masing-masing komisi. Saya yakin, tahun ini raperda-raperda tersebut sudah bisa kita sahkan,” pungkasnya.

Reporter : (Muh Nurcholis)

Admin     : (Redaksi GN) 

JELAJAHI