Satgas TMMD Kodim 0621/Kabupaten Bogor Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

BOGOR-Gemilangnews.com

Memasuki hari ke 21 kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Satuan Tugas (Satgas) TMMD melaksanakan giat program Penyuluhan KB Kesehatan sebagai salah satu sasaran non fisik. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SD Negeri 04, Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Senin (12/10/2020).

Pasiter Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Kapten (Infanteri) Andika Fitriadi mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut Satgas TMMD menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Pasar Rebo Kecamatan Tenjo. Dia menerangkan, hadir sebagai pemateri Iis Rosita S., S.ST dan Yesi Mandasari, SKM yang merupakan bidan yang bertugas di Puskesmas Pasar Rebo. “Kegiatan penyuluhan KB Kesehatan ini merupakan kerjasama Satgas TMMD ke-109 Kodim 0621/KB dengan Dinas Kesehatan Kab. Bogor. Harapannya, warga di Kampung Cinyurup dapat hidup sehat dan mengerti manfaat dari Keluarga Berencana (KB).” Ujar Kapten (Inf) Andika Fitriadi, Senin (12/10/2020).

Ket Foto : Hari ke 21 kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Satuan Tugas (Satgas) TMMD di Kampung Cinyurup Desa Ciomas Kecamatan Tenjo, Kab. Bogor melaksanakan kegiatan Penyuluhan KB Kesehatan sebagai salah satu sasaran non fisik. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SD Negeri 04, Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Senin (12/10/2020).

Sementara, Bidan Iis Rosita, sebagai narasumber dalam giat tersebut memaparkan tentang cara pola hidup sehat bagi warga, cara memakai masker, cara mencuci tangan dengan benar dan tetap menjaga jarak sesuai anjuran Protokol Kesehatan (Protkes) serta melakukan penyuluhan KB Kes di masyarakat hanya cukup 2 (dua) anak saja. “Dengan mengikuti KB, secara tidak langsung dapat mencegah anak dari kekurangan gizi, sehingga tumbuh kembangnya lebih terjamin dan kebutuhan ASI eksklusif selama 6 bulan relatif dapat terpenuhi,” jelasnya.

Bidan Iis menambahkan, Keluarga Berencana untuk keluarga sangat berguna dalam pengaturan jenjang kelahiran anak, cara-cara untuk mengikuti KB dan manfaat yang diperoleh dengan menjadi peserta KB sangat banyak. “KB itu sangat banyak manfaatnya. Sehingga keluarga akan tetap sehat dan bahagia.” imbuh Iis. Pantauan media ini, giat penyuluhan yang dihadiri oleh 40 orang ibu – ibu ini berlangsung lancar dan dikuti secara antusias. Hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang merupakan warga setempat.

Halimah (62) seorang ibu warga Kampung Cinyurup Desa Ciomas yang menjadi peserta kegiatan mengatakan bahwa, penyuluhan KB kesehatan sangat berguna dan menambah pengetahuan bagi dirinya dan semua warga. “Dengan bekal pengetahuan ini, semoga saya dan kami semua warga masyarakat di kampung ini, dapat mewujudkan keluarga kecil yang yang sehat dan sejahtera. Salah satunya melalui pengendalian jarak lahir.” Ucap Halimah dengan senyum dan raut wajah bahagia. (Red)

JELAJAHI