Dukung Kebijakan Pemerintah Terkait Protokol Kesehatan, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Lomba Desain Masker

BANYUMAS-Gemilangnews.com

Ratusan peserta dari berbagai kalangan yang ada diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma, antusias mengikuti lomba desain masker dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI yang digelar Korem 071/Wijayakusuma.

Hal tersebut dikatakan Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., baik dalam sambutannya maupun dalam jumpa persnya pada Lomba Desain Masker bertajuk “Memaskerkan Masyarakat, Memasyarakatkan Masker”, Senin (28/9/2020) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

“Dimasa pandemi ini, tentunya kita dapat mengembangkan hal-hal yang positif, mengembangkan daya inovasi dan kreatifitas masyarakat guna untuk memajukan atau meningkatkan perekonomiannya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai perekat dan untuk meningkatkan hubungan antara TNI dengan masyarakat”, terang Kolonel Dwi Lagan mengawali sambutannya.

Dikatakannya, seyogyanya kegiatan ini akan dilaksanakan di Makorem 071/Wijayakusuma, namun karena animo masyarakat yang tinggi dengan kegiatan ini, maka kegiatan lomba desain masker ini kita pecah pelaksanaannya yakni di seluruh Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma. Itupun dibatasi pesertanya, sehingga pelaksanaan kegiatan disini yang turut serta ambil bagian hanya 10 peserta perwakilan wilayah Kodim.

Diterangkan ‘Orang Mbanyumas’ ini, dilaksanakannya kegiatan lomba agar masyarakat tahu saat ini pandemi Covid 19 masih mewabah, karenanya kita harus memahami betul makna yang tersirat dalam “New Normal” (situasi bukan normal seperti semula namun masih ada penyakit mewabah). “New Normal itu, yang tadinya kita tiap hari beraktifitas keluar dari rumah tidak menggunakan masker sekarang harus menggunakan masker, selain itu harus menjaga jarak, mencuci tangan setiap kita habis melakukan interaksi dengan orang lain maupun setelah kita mengunjungi tempat-tempat yang mungkin menurut kita ada sumber penyakit yang kita tidak tahu. Karenanya, pelaksanaan kegiatan ini, kita mensosialisasikan dan mengkampanyekan disiplin Protokol Kesehatan bagi masyarakat”, ungkapnya.

“Lomba ini murni dengan penilaian yang obyektif oleh Dewan Juri dengan menentukan kriteria mana ia nilai, apakah dari nilai kesehatannya, estetikanya dan kelayakannya”, tegasnya.

“Kegiatan ini adalah inisiasi dari kita Korem 071/Wijayakusuma beserta jajaran, dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI. Selain itu, sesuai tema Memaskerkan Masyarakat dan Memasyarakatkan Masker, kita sebagai aparat TNI khususnya harus membantu Pemerintah Daerah dalam rangka Pendisplinan Protokol Kesehatan yang salah satunya memakai masker disaat pandemi Covid ini”, paparnya dalam jumpa persnya.

“Kita harus dapat menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya memakai masker. Masker bukan hal aneh, masker bukan sesuatu hal yang luar biasa, namun sekarang dalam era New Normal, masker adalah Suatu Kebutuhan”, jelasnya.

Danrem juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini, nantinya pemenang akan diupayakan untuk memproduksi masker dengan produsen lainnya, hal ini guna meningkatkan perekonomiannya disaat pandemi ini. “Paling tidak, mereka ikut lomba desain masker ini untuk memicu peningkatan perekonomian yang lain, bahwa masker ini adalah ladang saat ini menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat”, pungkasnya.

450 peserta tersebar di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma mengikuti Lomba Desain Masker ini, di Makorem sendiri 90 peserta perwakilan Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma turut ambil bagian.
Dewan Juri yang dihadirkan, Drs. Bambang Widodo, M. Par.
(Dosen Fisip Unsoed Jurusan Komunikasi); dr. Joko Susilo, SP. Paru., (dokter RST Wijayakusuma Purwokerto); Ibu Fetri Atmono (Pembina Modeling Purwokerto); dan Ny. Eddy Lallo (Ketua Seksi Organisasi Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Dip).
Bermacam corak dan bentuk mereka tampilkan sesuai kriteria yang dilombakan, yakni Masker untuk acara resmi, masker kegiatan harian, dan masker kegiatan shoping. Sedangkan unsur penilaian, jenis bahan masker, kreatifitas, ketepatan model dengan jenis acara/kegiatan, masker sesuai standar kesehatan dan kerapihan.

Keluar sebagai juara dalam lomba, Juara pertama dari Kodim 0701/Bms (Nining Haryanti), kedua Kodim 0701/Bms (Leman Setyaningrum), ketiga Kodim 0736/Btg (Amin Makmur).
Sedangkan untuk Juara Harapan pertama dari Kodim 0736/Btg (Zubaedah), kedua Kodim 0703/Clp
(Dede Koswara) dan ketiga Kodim 0710/Pkl (Ely Kartika Sari).

Penyerahan sertifikat dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Danrem 071/Wijayakusuma. (Red)

JELAJAHI