Terapkan PSBB, Sat Lantas Polres Metro Jakpus Tertibkan 34 Angkutan Umum yang Melebihi Kapasitas

Jakarta, GemilangNews.Com- Sat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat menggelar Operasi Yustisi di Pos cek poin Gambir, Jakarta Pusat. Hasilnya, ada 34 angkutan umum yang terjaring operasi ini. Senin, (21/09/2020).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi mengatakan, 34 angkutan kota itu melebihi 50 persen muatan saat masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total ini sedang berlangsung. Oleh karena itu, pihaknya memberikan imbauan kepada para angkutan yang kapasitas muatannya melebihi 50 persen. 

“Operasi Yustisi di pos ceck poin Gambir mengkhususkan angkutan umum yang melebihi 50 persen batas PSBB. Hasil 34 angkot, Bajaj ada 4. Mereka mengaku belum mengetahui aturan PSBB total ini, jadi kami sampaikan informasi terkait PSBB total, sekaligus memberikan imbauan,” tambahnya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat di DKI Jakarta sudah berlangsung sejak pekan lalu, Senin 14 September 2020. Untuk menjaga ketertiban masyarakat terhadap protokol pencegahan COVID-19, operasi yustisi ini dilakukan di sejumlah titik cek poin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, bagi yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, maka polisi dan petugas yang berjaga di lapangan tak lagi memberikan imbauan namun langsung dengan tindakan tegas berupa denda atau sanksi sosial. Target pelanggaran adalah pengendara atau masyarakat yang tidak menerapkan aturan yang tertuang selama PSBB, seperti menggunakan masker, sarung tangan bagi pemotor, atau mengubah konfigurasi posisi duduk seperti yang telah ditetapkan.

Menurut Sambodo, check point dalam hal ini bertujuan memantau pergerakan orang setiap harinya. Khusus PSBB total DKI Jakarta, check point beroperasi selama 24 jam dengan petugas siaga dari Polri, Pol PP, Dishub, dan TNI.

Berikut 9 lokasi check point Operasi Yustisi di DKI Jakarta:

  • Jakarta Pusat: Tugu Tani
  • Jakarta Utara: Jl. Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok
  • Jakarta Barat: Pos Lantas Kalideres Jl Daan Mogot
  • Jakarta Selatan: Jl Ciputat Raya TL, Pasar Jumat
  • Jakarta Timur: Jl Raya Kalimalang
  • Sat Patwal: Pos Pam Tl. Asia Afrika
  • Sat Gatur: Semanggi
  • Subdit Kamsel: Bundaran HI
  • Patroli Gabungan: Wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Admin : (Redaksi GN/Humas Polres Metro Jakpus) 

JELAJAHI