MCS BPJS Kesehatan Bantu Warga Desa Jakarta Baru Akses Pelayanan JKN-KIS

Lampung Utara-,GemilangNews.Com- BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi kembali hadirkan kanal layanan jemput bola Mobile Customer Service (MCS) di Dusun Jakarta Baru, Abung Selatan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk terus meningkatkan kepuasan peserta dengan cara memberikan pelayanan administrasi hingga ke daerah terpencil. 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi Meivy Yanti mengatakan, suksesnya kegiatan MCS yang dilakukan pada tanggal 08 September 2020 itu tak lepas dari dukungan pihak-pihak terkait khususnya aparat desa tempat diselenggarakannya kegiatan MCS. Dirinya menyebut, melalui MCS yang telah rutin diselenggarakan ini, tidak terhitung banyaknya warga yang merasa terbantu dan terselesaikan urusan administrasi BPJS Kesehatan-nya tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor cabang.

“Sebelum memulai kegiatan MCS kami telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan aparat desa mengenai jadwal kegiatan, lokasi dan hal-hal teknis lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib terutama pada masa pandemi Covid-19 seperti ini,” tutur Meivy, Jumat (18/09).

Kegiatan MCS yang dilaksanakan di rumah Kepala Desa Jakarta Baru mendapat apresiasi besar dari seluruh warga desa. Hal tersebut terlihat dadri animo warga yang berbondong-bondong datang untuk mengakses pelayanan lewat MCS BPJS Kesehatan. Kepala Desa Jakarta Baru Ahmad Husein mengatakan pihaknya merasa berterima kasih atas kesediaan tim MCS membantu menyelesaikan permasalahan administrasi warga desanya.

“Untuk mengantisipasi antusiasme warga, kami telah mengatur sedemikian rupa agar warga tidak datang berdesak-desakan karena keterbatasan ruangan di dalam rumah. Alhamdulillah, MCS berjalan dengan tertib dan semua warga mendapatkan layanan administrasi dari petugas MCS. Ini adalah bantuan yang sangat berarti bagi kami, tidak semua warga bisa datang ke kantor cabang karena kendala jarak dan ongkos di perjalanan,” kata Ahmad.

Beberapa hari sebelum kegiatan MCS diselenggarakan, Ahmad menyebut pihaknya telah menginformasikan kepada warga desanya untuk membawa fotokopi KTP, KK dan KIS sehingga saat tiba di lokasi warga tinggal mengisi form yang telah disediakan oleh petugas MCS.

“Tujuannya supaya warga tidak bolak-balik ke rumah lagi untuk mengambil berkas yang tertinggal. Di masa pandemic seperti ini setiap kegiatan harus dipersiapkan dengan matang dan harus mengikuti protocol kesehatan yang telah ditetapkan seperti wajib menggunakan masker dan hand sanitizer,” tambah Ahmad.

Ahmad mengaku siap menerima kedatangan Tim MCS di desanya kembali di kemudian hari dan berharap kanal layanan MCS akan lebih sering diadakan di desa-desa agar semakin banyak warga yang mendapatkan kemudahan layanan administrasi BPJS Kesehatan.(Rilis/mht)

JELAJAHI