PARTISIPASI DAN KOLABORASI

Oleh : Anis Matta

Pilkada 2020 adalah momentum penting untuk melanjutkan pemerintahan, walau ada tekanan baik secara ekonomi maupun kesehatan dari pandemi Covid-19. Pilkada tahun ini tidak akan sama dengan pilkada sebelumnya karena berbagai keterbatasan berkomunikasi akibat virus Corona

Sampai kemarin, Rabu (16/9), Partai Gelora telah berpartisipasi dalam 8 dari 9 pemilihan gubernur, 25 dari 37 pemilihan wali kota, dan 117 dari 224 pemilihan bupati. Jika dihitung rata-rata, angka partisipasi Partai Gelora di pilkada 2020 mencapai sekitar 56%. Angka ini masih bisa bertambah karena ada daerah yang masih dalam perundingan.

Alhamdulillah, saya bisa sampaikan bahwa partisipasi Gelora di sejumlah pilkada adalah undangan dari para kontestan. Sebagiannya kami yang berinisiatif membuka komunikasi dengan peserta pilkada. Kami melihat, pilkada ini merupakan momentum Partai Gelora berpartisipasi secara politik dan memperkuat kolaborasi dengan banyak pihak dalam memperkuat demokrasi Indonesia.

Bagi partai yang belum punya kursi, ini adalah angka yang membanggakan. Saya mengapresiasi kerja keras teman-teman di daerah yang berhasil membangun penerimaan politik yang baik. Saya juga berterima kasih kepada para kandidat, tim sukses, dan partai-partai politik yang menerima Gelora sebagai mitra koalisi dalam pilkada 2020 ini.

Mungkin kehadiran Gelora belum signifikan untuk menebus “tiket” syarat pencalonan, tapi kami bisa mengontribusikan gagasan dan jejaring yang telah dibangun selama ini, yang lebih luas dari jejaring formal keanggotaan partai.

Sebagai partai digital, kami juga akan berbagi kemampuan kami di bidang komunikasi digital, merespons pergeseran cara berkomunikasi yang terjadi di masyarakat, serta keterbatasan ruang akibat pandemi.

Apakah partisipasi kami akan memberi kontribusi yang signifikan di lapangan? Kami tidak akan mengklaim apa-apa. Tidak pernah ada faktor tunggal yang menyebabkan realitas politik di lapangan. Hasil politik merupakan hasil dari kombinasi berbagai faktor yang kompleks. Namun, kelebihan dalam persiapan, sumber daya, kemampuan komunikasi dan jejaring yang lebih baik tentu menguntungkan bagi kontestan.

Partai Gelora akan memperkuat Pilkada 2020 dengan tawaran-tawaran gagasan agar pilkada ini menjadi ajang kontestasi gagasan. Apalagi ketika bangsa ini sedang membutuhkan banyak “otak besar” untuk bersama-sama keluar dari krisis. Kehadiran kami di pilkada tahun ini adalah tawaran kolaborasi untuk Indonesia yang lebih baik. (*)

JELAJAHI