Arist Merdeka Sirait: Menghilangkan Asal Usul, Nama dan Identitas Melanggar HAM

Jakarta, GemilangNews.Com- Apapun alasannya, berdasarkan  Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (HAM) dan Ketentuan UU RI Nomor 39 Tahun 199 tentang Hak Asasi Manusia menghilangkan asal usul, nama dan identitas seseorang adalah melanggar HAM.

Apalagi jika diumumkan dan disebarluaskan dengan sengaja dan belum tentu kebenarannya melalui media sosial untuk menyerang kehormatan dan  keberadaan asal usul usul,  nama dan identitas seseorang atau kelompok dan atau keturunan.

Dalam kondisi ini, terdakwa JS dapat dapat dikategorikan melakukan perbuatan melawan hukum, fitnah dan pencemaran nama baik dengan demikian dapat diancam dengan  ketentuan   pasal 27 ayat (1) Pasal 45 ayat (3) Undang-undang RI Nomor : 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor : 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik junto  pasal 311 ayat (1) Kitab Undang-undang Kukum Pidana (KUHP). 

Kemudian Implikasi dari perbuatan terdakwa melanggar UU ITE tersebut, terdakwa JS  dalam gugatan berikutnya dapat dikenakan Undang-undang RI Nomor 19 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.. 

Namun yang lebih parah lagi adalah atas perkara gugatan pencemaran nama baik dan fitnah yang disebarluaskan JS melalui media sosial tersebut berimplikasi terjadinya pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia.

Oleh karenanya, untuk menjaga marwah persidangan dan demi keadilan serta mendengar kesaksian ahli ITE  yang dihadirkan penggugat, sebagai keturunan Oppu Raja Mardobur yang sengaja dihilangkan dari keturunan Oppu Raja Sirait tanpa unsur kebenaran, untuk kepastian hukum saya hadir di persidangan hari ini untuk mendengarkan keterangan saksi ahli ITE”, demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Aktivis Hak Asasi Manusia (Human Rigth Defender Activist) kepada sejumlah media di PN Jakarta Timur Kamis 10/09.

“Saya percaya bahwa JPU atas perkara ini akan akan memutuskan tuntutannya sesuai dengan bukti-bukti yang cukup dan keterangan para saksi ahli dan percaya bahwa hakim yang menangani perkara akan mengakhiri sengketa ini dengan keputusan yang seadil-adilnya sesuai dengan fakta-fakta di persidangan dan mencerminkan rasa keadilan.” Ujarnya. 

“Terus terang, sambung Beliau, sakit rasanya asal usul , nama dan identitas saya sebagai seorang Arist Merdeka Sirait dan asal-usul kakek (ompung) dan orangtua (among) saya yang dinyatakan dan disebar luaskan melalui media sosial dihilangkan oleh sekelompok orang yang mengaku faham sejarah silsilah Raja Toga Sirait dan  saya juga tidak tahu apa maksud dan tujuannya,” Ungkapnya. 

Semangatnya adalah untuk menghentikan fitnah, pencemaran nama baik dan jangan dicoba-coba menghilangkan asal usul, nama dan identitas seseorang, kelompok, apalagi keturunan tanpa kebenaran, tindakan ini menyakitkan dan merupakan pelecehan terhadap harkat dan martabat Kemanusia. “Kondisi inilah yang tidak bisa saya terima dan saya kira juga semua orang,”Terangnya.

“Ini merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang tidak bisa ditoleransi dan saya akan terus berjuang untuk menjaga nama baik dan eksistensi Oppu Raja Mardobur”, #Sekali Merdeka Tetap Arist Merdeka Sirait,”  tambah Arist.

Admin : (Redaksi GN/Komnas PA) 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2020/09/10/arist-merdeka-sirait-menghilangkan-asal-usul-nama-dan-identitas-melanggar-ham/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2020/09/10/arist-merdeka-sirait-menghilangkan-asal-usul-nama-dan-identitas-melanggar-ham/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2020/09/10/arist-merdeka-sirait-menghilangkan-asal-usul-nama-dan-identitas-melanggar-ham/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!