Dialog Interaktif, Kapaldam XII/Tpr Ajak Satuan Jajaran Rawat dan Jaga Materiil

PONTIANAK-Gemilangnews.com

Kepala Peralatan Kodam (Kapaldam) Letkol Cpl Akhmad Baihaki, S.Sos., M.Si., menjadi narasumber program dialog interaktif Derap TNI. Dialog interaktif dilaksanakan secara online dari Mapaldam XII/Tpr yang dipancar siarkan melalui LPP RRI Pontianak. Kamis, (23/07/2020).

Dialog interaktif dengan memanfaatkan teknologi di masa pandemi ini dipandu oleh penyiar RRI Pontianak, Ira Adriyani dengan tema, “Peran Paldam XII/Tpr Dalam Mendukung Tugas Pokok Kodam XII/Tpr”.

Kapaldam XII/Tpr, Letkol Cpl Akhmad Baihaki, S.Sos., M.Si., menjelaskan, satuan yang dipimpinnya merupakan salah satu badan pelaksana Kodam XII/Tpr, memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan materiil peralatan yang ada di Kodam XII/Tpr dan satuan jajarannya

“Meliputi pembekalan, pemeliharaan, asistensi teknik, intelijen teknik, penelitian dan pengembangan materiil peralatan antara lain senjata, munisi, kendaraan dan alat-alat teknologi mekanik,” jelasnya.

Adapun satuan dibawah Paldam XII/Tpr diantaranya Bengkel Daerah XIl/Ptk, Gudang Peralatan Daerah
XII/Ptk, Gudang Munisi Daerah Xll/Mph, Detasemen Peralatan XIl/1 Sintang dan Detasemen Peralatan XI/2 Palangkaraya.

Selanjutnya mengatakan, dalam fungsi pemeliharaan Paldam XII/Tpr mempunyai bengkel untuk melaksanakan pemeliharaan termasuk
didalamnya memperbaiki materiil yang rusak di seluruh satuan jajaran Kodam XII/Tpr.

Paldam XII/Tpr katanya juga ikut serta berperan mendukung tugas pokok Kodam XITpr di perbatasan, termasuk diantaranya turut menyiapkan materiil satuan tugas pengamanan perbatasan.

“Paldam XII/Tpr juga melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan materiil
satuan perbatasan, melaksanakan pengecekan materiil peralatan secara
rutin dan berkala yang dilaksanakan oleh satuan pelaksana lapangan,” katanya.

Letkol Cpl Akhmad Baihaki, S.Sos., M.Si., dalam kesempatan tersebut berpesan kepada semua Satuan jajaran Kodam XIl/Tpr untuk sama-sama menjaga dan merawat materiil-materiil peralatan khususnya
senjata, munisi dan kendaraan agar materiil tersebut selalu dalam kondisi baik dan terawat.

“Sehingga materiil kita akan memiliki usia pakai yang relatif lama dan setiap saat siap untuk digunakan. Lebih baik memelihara daripada memperbaiki karena biayanya lebih mahal,” pungkasnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!