Polres, Kodim dan Pemkab Batang Bersinergi Siapkan Rencana Langkah Kontijensi Tangani Covid-19

BATANG-GemilangNews.Com

Bupati Batang Wihaji mengapresiasi kinerja pihak Kodim dan Polres Batang yang telah melakukan rencana langkah kontijensi penanganan pandemi covid-19.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada TNI-Polri yang selalu didepan dalam gugus tugas penanganan covid-19 di Kabupaten Batang,” kata Wihaji saat memberikan sambutan rapat Koordinasi rencana kontijensi penanganan virus corona atau Covid-19 yang berlangsung di Rupatama Polres Batang, Senin (20/4/2020).

Ia juga berencana membuat tim relawan ditingkat Desa yang bertujuan untuk membantu kinerja kita dan mempercepat penanganan jika terjadi permasalahan ditingkat desa.
“Tim Gugus Tugas segera membentuk relawan ditingkat desa, dengan maksud untuk pemetaan permasalahan, sehingga mempercepat dan membantu kinerja kita,” jelas Bupati Wihaji.

Kapolres Batang AKBP Abdul Waras mengatakan, sesuai perkembangan korban Covid 19 setiap hari terus bertambah. Maka kita harus menyiapkan langkah – langkah kontijensi menyikapi perkembangan penyebaran virus covid-19.

“Kita harus siap walaupun tidak dibutuhkan, rencana langkah kontijensi harus dipersiapkan untuk mencegah atau menanggulangi secara lebih baik dalam situasi kritis atau darurat,” kata Abdul Waras.

Ia menambahkan harus ada skenario, tujuan, tindakan teknis, dan manajerial, serta pengerahan potensi sumber daya.
Komandan Kodim 0736 Batang yang diwakili Danramil Banyuputih, Kapten Arm Rasmono menyatakan kesiapan mendukung pelaksanaan rencana kontijensi.

“Anggota Kodim 0736 Batang selalu siap mendukung pelaksanaan tugas pencegahan penyebaran virus covid-19, Semoga dengan kebersamaan dalam penanganan virus ini cepat selesai,” jelasnya.

Sementara Kabagops AKP Asfauri menjelaskan melihat situasi saat ini belum saatnya untuk melaksanakan langkah kontijensi, akan tetapi lebih baik menyiapkan langkah kontijensi terlebih dahulu dan jangan menunggu perubahan situasi.

“Dari Polri sudah merencanakan beberapa langkah seperti, kita sudah membagi 4 rayon dan setiap rayonnya dengan Kuat personel Polres Batang, Brimob, TNI dan dilengkapi dengan tenaga medis,” jelasnya.

Ia pun menambahkan stok bahan pokok di Wilayah Kabupaten Batang masih dalam kondisi aman tidak mengalami kelangkaan.
Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan Pelatihan Tactical Floor Game (TFG) sispamkota dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. (Red GN)

JELAJAHI