Polsek Gringsing Gembleng Anggota Saka Bhayangkara Baru

BATANG-GemilangNews.Com

Sebanyak 16 penegak resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai anggota Pramuka Saka Bhayangkara Kepolisian Sektor Gringsing di halaman Mapolsek setempat, Minggu (17/11/19).

Sebelumnya, mereka menjalani gemblengan untuk bisa menjadi anggota baru. Seperti harus menempuh latihan dasar kesakaan menyatu dengan alam terbuka yakni mendirikan tenda/berkemah di desa Tedunan Kecamatan Gringsing, sekaligus disana mendapat pembekalan tentang kepramukaan dan wawasan kebangsaan.

Ketua Dewan Saka Imam Saefudin mengatakan kegiatan ini diikuti16 peserta penegak dari sekolah setingkat SLTA yang ada di sekitar Gringsing, bahkan ada yang berasal dari Weleri Kendal.

“Mereka dari berbagai anggota penegak yang berpangkalan di SMAN 01 Gringsing, SMK Sekar Bumi Nusantara, SMA NU Al Munawir bahkan ada yang berasal dari sekolah luar Kabupaten Batang, yaitu dari SMAK NU 02 Rowosari dan SMK Mualimin Weleri keduanya ini merupakan wilayah Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Sementara Kapolsek Gringsing Polres Batang, AKP Haryo Deko Dewo selaku Kamabisaka melalui Pamong Saka Bhayangkara Aiptu Jumadi menegaskan bahwa Pramuka adalah generasi penerus yang dipersiapkan untuk memimpin bangsa di masa depan.

“Anggota Pramuka Saka Bhayangkara harus memiliki jiwa patriot dan ringan tangan membantu masyarakat,” kata Jumadi alumni Kursus Pembina Mahir Lanjutan (KML) tahun 2005

Rekrutmen anggota Saka Bhayangkara, lanjutnya dilakukan setahun dua kali, sebelum resmi dilantik menjadi anggota Saka Bhayangkara setiap pramuka menempuh pelatihan pendalaman tentang Saka Bhayangkara selama empat bulan sebelum berhak mendapatkan badge.

“Setelah mendapat badge menempuh pelatihan Catur Krida dan Ilmu Lapangan lainya sehingga tercipta akhlak yang baik dan mempunyai jiwa nasionalis tinggi sebagai pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma pramuka,” tuturnya.

Jumadi menambahkan, saat ini Polsek Gringsing Polres Batang sudah mempunyai anggota Saka Bhayangkara yang siap diterjunkan dalam berbagai aksi sosial kemasyarakatan dan juga ikut membantu tugas kepolisian seperti pengamanan saat arus mudik.

“Meskipun berasal dari beberapa sekolah tapi sekarang mereka sudah menjadi saudara dan bisa menjadi teladan untuk sesama pelajar,” katanya. (Red)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2019/11/17/polsek-gringsing-gembleng-anggota-saka-bhayangkara-baru/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!