Dandim 0608 dan Plt Bupati Cianjur Turun Langsung ke Jalan Jemput ODGJ

CIANJUR-GemilangNews.Com

Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan, Kejari Cianjur Yudhi Syufriadi, dan Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana, melakukan razia orang dengan gangguan jiwa di wilayah Simpang Ramayana Cianjur, Rabu (30/10/2019).

Sebanyak 49 orang dengan gangguan jiwa terdiri dari 40 L dan 9 P yang terjaring langsung dimasukan ke dalam ambulans. Dandim dan PLT Bupati turun ke jalan dan langsung mengajak tiga orang yang sedang berada di pinggir jalan tersebut untuk masuk ke dalam ambulans.

Dandim mengatakan, pihaknya bersama Klinik Harapan Sehat melaunching program Jalur Bisa yang dikaitkan dengan hari jadi ke-74 TNI.

“Melalui program ini kami ingin memanusiakan manusia, tak boleh lagi ada ODGJ di jalan, mudah-mudahan program ini terus berlanjut dan beroperasi. Program ini dimulai kemarin sudah beroperasi mereka yang terjaring akan dikirim ke panti rehabilitasi,” ujar Rendra.

Dandim menduga ODGJ yang ada di seputar jalanan Cianjur berasal dari luar daerah Cianjur.

PLT Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, program jalur bisa sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Cianjur dalam menertibkan ODGJ.

“Mudah-mudahan program ini berjalan terus atas dukungan Kodim 0608 Cianjur dan dari Klinik Harapan Sehat, dalam rangka memanusiakan manusia,” kata Herman.

Ketua Pelaksana, dr Yusuf Nugraha, mengatakan pihaknya ingin mendobrak agar ODGJ tak ada lagi di jalanan Cianjur.

“Ini lebih kepada kemanusiaan, saya ingin mendorong semua pihak untuk membersihkan jalanan Cianjur dari ODGJ,” kata Yusuf.

Pihaknya juga ingin mendorong pemerintah untuk mengeluarkan peraturan bupati.

“Ini bukan seremoni yang sudah terjaring akan dibawa ke panti dan diobati,” kata Yusuf.

Menurutnya Evaluasi akan dilakukan selama enam bulan sekali dan akan dilakukan lagi evakuasi ODGJ.

Pengelola Panti Welas Asih, Deni Solang, mengatakan pihaknya baru pertama kali melihat ada sinergitas yang baik dari pemerintah dan warga dalam menertibkan ODGJ.

“Saya baru melihat ini sinergitas yang baik di Cianjur antara relawan, TNI, dan Pemda, ini belum pernah terjadi di daerah lain ada bupati dan pejabat lainnya turun tangan, semoga ini diikuti di daerah lainnnya,” kata Deni.(pendim 08)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: gemilangnews.com/2019/10/30/dandim-0608-dan-plt-bupati-cianjur-turun-langsung-ke-jalan-jemput-odgj/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you will find 71730 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/10/30/dandim-0608-dan-plt-bupati-cianjur-turun-langsung-ke-jalan-jemput-odgj/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2019/10/30/dandim-0608-dan-plt-bupati-cianjur-turun-langsung-ke-jalan-jemput-odgj/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Here you can find 7033 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/10/30/dandim-0608-dan-plt-bupati-cianjur-turun-langsung-ke-jalan-jemput-odgj/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!