Kasal Secara Resmi Menutup Kegiatan NOWS Tournament 2019

JAKARTA-GemilangNews.com

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., secara resmi menutup kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (27/7). Penutupan dilaksanakan seusai Kasal, Pejabat Utama Mabesal dan Pemimpin Kotama TNI AL melaksanakan penanaman pohon Karet Kuning di sepanjang bibir dermaga Pondok Dayung dan menyaksikan final Finswiming 6000 meter Putra dari atas geladak KRI Bung Tomo-357.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.600 atlet dari 30 provinsi di Indonesia ini telah digelar sejak Senin 23 Juli 2019 lalu dengan mempertanding cabang-cabang olahraga perairan yaitu Dayung, Layar, Ski Air, Selam dan Jet Ski dan dilaksanakan di beberapa venue yaitu di Pantai Mutiara Pluit, Sea Front Ancol, Pondok Dayung dan Danau Sunter, Jakarta Utara.

Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Olahraga Perairan yang diselenggarakan oleh TNI AL ini dalam rangka pembinaan personel TNI AL maupun masyarakat umum di bidang Olahraga Perairan, untuk mendukung TNI AL dalam menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan pertahanan wilayah laut dengan tujuan untuk membangun dan menumbuh kembangkan budaya kepada masyarakat Indonesia untuk memiliki jiwa, kepribadian serta kecintaan terhadap tanah air sebagai bangsa maritim yang besar.

Dihadapan awak media, Kasal mengatakan bahwa negara Indonesia adalah negara maritim dengan Sumber Daya Manusia yang cukup besar. “Ini  tentunya membuat negara kita menjadi sumber daya olahraga maritim terbesar dalam skala regional maupun internasional sehingga kegiatan ini sebagai suatu tolak ukur pembinaan pengurus besar ataupun olahraga perairan yang harus ditingkatkan lagi ke depan khususnya bagi prajurit TNI AL dan para pemuda,” kata Siwi.

Dalam kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 keluar sebagai juara umum adalah kontingen Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sehingga berhak atas Piala Tetap maupun Piala Bergilir Kasal yang diserahkan langsung oleh Kasal kepada Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M.

Sementara pemenang cabang-cabang olahraga lainnya adalah cabang Layar  untuk Kategori Intern TNI AL,  Juara satu Koarmada II dengan perolehan medali lima Emas dan  satu Perunggu, Juara II Lantamal X Jayapura dengan perolehan dua Emas, empat Perak dan dua Perunggu dan Juara III Koarmada III dengan perolehan satu Emas. Sedangkan pada Kategori Open/Umum, Juara I Kaltim dengan perolehan medali tiga Emas, dua Perak dan satu Perunggu, Juara II DKI Jakarta dengan perolehan medali tiga Emas, dua Perak dan satu Perunggu dan  Juara III Banten dengan perolehan medali dua Emas dan tiga Perak.

Pada Cabang Dayung, Kategori Intern TNI AL, juara I Kolinlamil dengan perolehan medali dua Emas dan dua Perak, juara II Koarmada I dengan perolehan medali satu Emas  dan satu Perunggu dan Juara III Koarmada II dengan perolehan medali satu Emas. Sedangkan pada kategori Open/Umum, Juara I Jawa Barat dengan perolehan medali tiga Emas dan satu Perak.

Juara II Kalsel dengan perolehan medali satu Emas. Dan Juara III Kormar dengan perolehan medali dua Perak dan dua Perunggu.

Pada Cabang Ski Air, kategori Intern TNI AL, Juara I Kolinlamil dengan perolehan medali dua Emas, dua Perak dan satu Perunggu, juara II Koarmada II dengan perolehan medali dua Emas, satu Perak dan dua Perunggu dan juara III Kodiklatal dengan perolehan medali satu Emas dan dua Perak.  Sedangkan pada kategori Open/Umum, juara I Jatim dengan perolehan medali empat Emas, tiga Perak dan tiga Perunggu, juara II DKI Jakarta dengan perolehan dua Emas, lima Perak dan dua Perunggu dan juara III Jawa Barat dengan perolehan satu Emas dan dua Perunggu.

Pada Cabang Selam, kategori Intern TNI AL, juara I Kormar dengan perolehan medali dua Emas,  tiga Perak dan satu Perunggu, juara II Kodiklatal dengan perolehan medali dua Emas, tiga Perak dan satu Perunggu dan juara III Koarmada II dengan perolehan medali satu Emas dan tiga Perunggu. Sedangkan pada kategori Open/Umum, juara I Possi DKI dua Emas dan dua Perunggu, juara II Kormar dengan perolehan medali dua emas dan juara III Koarmada III dengan perolehan medali satu Emas.

Pada cabang-cabang Jetski  Kategori Open  juara I Puspomal dengan perolehan medali satu Emas, juara II Koarmada II dengan perolehan medali satu Perak dan Juara III Kogartap I Jakarta dengan 1 Perunggu. Untuk Finswiming 6000 meter putri diraih  masing-masing dari  Pussenarmed, Paris Sakti Club Jakarta, dan Possi DKI Jakarta dan piala diserahkan oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji. Sedangkan untuk Finswimming 6000 meter putra masing-masing diraih Possi DKI Jakarta, Possi Provinsi Banten dan Paris Sakti Club Jakarta dan piala diserahkan langsung oleh Kasal.

Rangkaian kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 ditutup dengan kegiatan Naval Base Open Day untuk masyarakat umum. Pengunjung antusias menyaksikan Pameran Alutsista dan Openship, mengunjungi berbagai stand dan bazar serta menikmati berbagai jenis makanan secara gratis yang disiapkan oleh penyelenggara. (DD)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: gemilangnews.com/2019/07/27/kasal-secara-resmi-menutup-kegiatan-nows-tournament-2019/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2019/07/27/kasal-secara-resmi-menutup-kegiatan-nows-tournament-2019/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!