Kemendes Apresiasi Kesigapan Polisi Menangkap Terduga Pelaku Pembunuhan Pendamping Desa Di Gunung Sitoli-Sitoli

Gunung.Sitoli-GemilangNews.com

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyampaikan apresiasi atas langkah sigap pihak Kepolisian Resort Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, karena dalam waktu singkat telah dapat menangkap terduga pelaku pembunuhan Pendamping Desa pada Sabtu, (22/06/2019).

“Kami, atas nama pimpinan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Kepolisian yang telah melakukan penangkapan pada kedua terduga pelaku pembunuhan terhadap Pendamping Desa dalam waktu relatif singkat”, ungkap Weldon Jonas, Kepala Seksi Pendampingan Desa, Direktorat PMD kepada Media ketika berkunjung di Kantor Polresta Gunung Sitoli, Senin (24/06/2019).

Weldon mengatakan, pihaknya bersama Biro Hukum Kemendes PDTT, M. Fauzi, Koordinator Program Regional I, Muh. Arwani dan TA Kabupaten setempat, Asafati Gea, atas nama Direktorat PMD juga menyampaikan rasa bela sungkawa yang mendalam atas musibah terbunuhnya Rikson Pandapotan Hutabarat pada Jumat lalu, (21/06/2019) dimana almarhum tercatat sebagai Pendamping Desa yang bertugas di Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi. Dia mendoakan agar arwah almarhum diterima di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan dan kesabaran.

“Kita percayakan pada pihak kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut terkait terduga kedua pelaku tersebut “, kata Wildon.

Sebelum berkunjung ke Polresta Gunung Sitoli, Weldon dan Tim juga melakukan koordinasi dengan Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kota setempat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Rahmat K. Zebua, ketika menerima kunjungan tim mengatakan, pihaknya merasa terkejut ketika mendengar peristiwa tersebut.

“Kami tidak menyangka sebelumnya. Almarhum kinerjanya baik dan humble”, katanya.

Sebagaimana diketahui, Rikson (demikian panggilan akrabnya) ditemukan dalam keadaan tak bernyawa oleh warga sekitar bernama Yasa’aro Lase di lokasi lahan dekat gedung RRI Kota Gunung Sitoli, dengan tampak luka sayatan pada bagian dagu dan leher, Jumat (21/06/2019).

Menurut catatan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Gunung Sitoli, Asafati Gea, pada Hari Kamis, (Tgl 20/06/2019) almarhum bersama teman-temannya sejak pagi melakukan kegiatan input data IDM di Kantor Sekretariat Tenaga Ahli P3MD-PID Kota Gunung Sitoli hingga sampai sekitar jam 17.00 WIB pulang ke rumah masing-masing.

Selanjutnya, didapat informasi bahwa pada malam harinya, sejak sekitar Jam 20.00 WIB almarhum meninggalkan rumah sampai pagi tidak kunjung pulang. Akhirnya, pada sekitar jam 08.00 WIB, pihak keluarga korban yang sejak malam itu telah berupaya mencarinya dan menelepon ke nomor kontak korban yang sudah tidak aktif dan menghubungi teman-teman korban yang juga tidak kunjung ditemukan jawabannya.

Oleh karena itu, sekitar jam 10.00 WIB pihak keluarga korban mendatangi kantor Sekretariat Tenaga Ahli P3MD Kota Gunung Sitoli dengan maksud minta tolong untuk mencari tahu keberadaan korban dan tidak pula ditemukan jawabannya.

Dengan cara inisiasi pengecekan di Medsos, yakni Facebook, muncullah informasi bahwa telah ditemukan plat nomor Nopol BB 3560 TG tergeletak di lokasi TKP tersebut.

Tak lama kemudian, setelah dicocokkan dengan plat motor yang dinaiki korban sejak malam itu, ternyata cocok dengan nomor sepeda motor milik korban.

Selanjutnya muncul pula foto korban di medsos di Desa Iraonogeba Kec. Gunung Sitoli, dimana almarhum telah menjadi mayat.

Selanjutnya, mayat korban telah diberangkatkan dari Gunung Sitoli menuju rumah asal keluarganya di Tarutung, Tapanuli Utara via kapal laut untuk dilakukan proses pemakaman.

Sementara itu, menurut Kasat Reskrim AKP J. Tarigan, SH saat menerima kunjungan Tim Kemendes mengatakan, pihaknya telah melaksanakan tugas secara profesional, sesuai aturan yang berlaku.

Begitu memperoleh laporan kejadian tersebut, maka pagi itu juga pihaknya langsung melakukan olah TKP.

Berdasarkan hasil olah TKP, sejumlah barang bukti yang ada, seperti helm, sendal jepit dan plat nomor sepeda motor serta fakta-fakta di lapangan, maka pihaknya memperoleh petunjuk untuk melakukan pengejaran dan penangkapan pelaku.

Dalam waktu singkat, pada Hari Sabtu (22/06/2019) pihak kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap dua orang yang diduga kuat melakukan pembunuhan terhadap korban. Keduanya ditangkap di area perkebunan di Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara.

Dari keterangan dan pengakuan salah satu dari terduga pelaku yang berinisial Yr dan Ym, masing-masing usia 16 Tahun dan masih duduk di bangku Skolah Menengah Atas itu, terungkap motif sementara, yakni tidak ada kaitannya dengan pekerjaan pendampingan desa.

“Sementara ini motifnya tidak terkait dengan pekerjaan pendampingan desa, namun terkait masalah faktor hubungan asmara pribadi sesama jenis”, katanya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih melakukan penahanan terhadap keduanya yang masih kategori di bawah umur ini, sekaligus melakukan pendalaman dan pengembangan kasus sebelum nantinya dilimpahkan ke pihak kejaksaan untuk proses pengadilan.
(Rilis/YL)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you can find 75545 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Here you can find 99608 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/25/kemendes-apresiasi-kesigapan-polisi-menangkap-terduga-pelaku-pembunuhan-pendamping-desa-di-gunung-sitoli-sitoli/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!