Hanya Bangsa Kera yang Tidak Suka Ideologi Pancasila 

JAKARTA-GemilangNews.com

Budayawan Zastrouw Al-Ngatawi menyebut, Pancasila tidak bisa dinafikan peran tokoh-tokoh Islam yang berperan terbentuknya ideologi negara. Menurutnya, jika Pancasila disebut thogut adalah paham yang salah atau salah paham sekelompok Islam radikal.

“Pancasila itu mutiara Indonesia yang tidak bisa diabaikan. Hanya bangsa kera yang tidak suka dengan Pancasila,” kata Zastrouw, dalam dialog membumikan Pancasila, sekaligus deklarasi Gerakan Pembumian Pancasila (GPP), di Tuguproklamasi, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya, Pancasila adalah kearifan lokal yang dimiliki bangsa ini berdasarkan nilai-nilai budaya dan agama yang tidak bertentangan. “Media sosial sudah dikotori sampah-sampah informasi yang ingin mereduksi nilai-nilai Pancasila dengan pahah radikal,” tambah mantan ajudan pribadi Presiden Republik Indonesia ke-4 KH Abdurrahman Wahid ini.

Zastrouw mengingatkan, paham islam radikal dan intoleran di 10 penguruan ternama di Indonesia sangat berbahaya, dan mengancam nilai-nilai kebangsaan. “Jika ini tidak diantisipasi, maka akan membahayakan kehidupan berbangsa. Negara harus hadir dalam menghadapi ancaman islam radikal dan intoleran,”ujarnya.

Di tempat yang sama, mantan aktivis Hizbut Thahrir Indonesia (HTI) Ir, Eni Daniarti menyebut, gerakan radikal sudah masuk dan mengakar di kampus-kampus ternama di Indonesia.

“Di kampus para mahasiswa ingin Indonesia berdasarkan ideologi khilafah, dan Pancasila tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hingga akhirnya membuat saya berubah bahwa Pancasilalah ideologi yang dapat merekatkan bagi bangsa ini,” ujar alumni IPB ini.

Ketua Umum Gerakan Pembumian Pancasila Dr, Antonius Dieben Manurung menegaskan, Presiden Joko Widodo harus tegas terhadap pemahaman Islam radikal dan intoleran.

“Setelah HTI dibubarkan. Bukan hanya berhenti disitu, tetapi harus membumikan Pancasila kepada elemen-elemen masyarakat, dengan membentuk gerakan ideologi,”tegas alumni GMNI itu. RAL

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 14875 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/01/hanya-bangsa-kera-yang-tidak-suka-ideologi-pancasila/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!