PANGDAM II/SWJ Pimpin Upacara Harkitnas Ke-111 Tahun 2019

PALEMBANG-GemilangNews.com

Segenap prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-111 Tahun 2019.Upacara peringatan Harkitnas yang digelar Kodam II/Swj ini dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Senin (20/5/2019) bertempat di lapangan apel Jasdam II/Swj KM. 9 Palembang.

Upacara diikuti juga, oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Danrem 044/Gapo, Irdam II/Swj, para Perwira Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam, Para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU serta para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj Garnizun Palembang.

Peringatan Harkitnas kali ini ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Pengucapan Sapta Marga dan Pembacaan Panca Prasetya Korpri serta menyanyikan lagu-lagu Kebangsaan.

Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara, yang dibacakan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menyampaikan kembali isi naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi Tan Ayun Amuktia Palapa, Sira Gajah Mada :“Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, pada 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut.

Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu, tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. (Red)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/05/20/pangdam-ii-swj-pimpin-upacara-harkitnas-ke-111-tahun-2019/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you will find 72197 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/05/20/pangdam-ii-swj-pimpin-upacara-harkitnas-ke-111-tahun-2019/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!