233 Prajurit Yonif 141/AYJP Jalanai Tradisi Pembaretan Di Bukit Selero Lahat

LAHAT-GemilangNews.com

Pembaretan adalah bagian dari sisi keprajuritan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memang terkait dengan sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Semua itu dimaksudkan agar para prajurit baru dapat memahami betapa berharga dan sucinya pengabdian kepada Ibu Pertiwi yang seringkali berujung kepada nyawa yang menjadi taruhannya.

Simaklah di Batalyon Infanteri (Yonif) 141/AYJP (Aneka Yudha Jaya Prakosa), walaupun para prajurit Yonif 141/AYJP telah mendapat baret di kecabangan Infanteri, namun apabila prajurit tersebut masuk ke Yonif 141/AYJPLahat, satuan Yonif 141/AYJP memiliki tradisi dan karakteristik tersendiri dalam berbagai hal yang berbeda dengan satuan asalnya, maka tradisi pembaretan dan pemasangan Brevet Infanteri tetaplah sakral bagi seorang prajurit Yonif 141/AYJP seperti yang dilakukan pada Minggu (13/1/2019) siang di Bukit Serelo Kab. Lahat.

Pada tradisi pembaretan kali ini diikuti sebanyak 233 prajurit yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi, S.E., M.AK. Sebelum melaksanakan tradisi, seluruh prajurit melaksanakan jalan kaki lebih dari 5 Kilometer menuju kaki Bukit Serelo dengan perlengkapan perorangan Ransel seberat 5,5 kg, senjata SS1.V1, helm tempur serta perlengkapan lainnya yang berada di pinggang. Setibanya di kaki Bukit Serelo para prajurit melakukan pendakian menuju atas Bukit Serelo dan dilanjutkan pelaksanaan upacara tradisi pembaretan.

Komandan Yonif 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi S.E, M.AK. mengatakan, bahwa kegiatan tradisi pembaretan satuan ini selain untuk memperingati HUT Batalyon Infanteri 141/AYJP pada tanggal 30 Januari 2019 nanti, juga sudah merupakan tradisi di Yonif 141/AYJP yang dilaksanakan sekali dalam setiap tahunnya khusus bagi prajurit yang baru masuk Satuan Yonif 141/AYJP. “Tahun ini yang mengikuti ada 233 personel yang dipusatkan di Bukit Serelo Kabupaten Lahat, karena lokasinya sangat ideal,” ujar Aswin.

Lebih lanjut, Danyonif 141/AYJP mengatakan, bahwa tradisi pembaretan ini bertujuan untuk memberi rasa kebanggaan terhadap para pendahulu prajurit Yonif 141/AYJP yang telah berjuang demi nama baik Yonif 141/AYJP. “Selain itu tradisi pembaretan atau pengukuhan sebagai prajurit Yonif 141/AYJP adalah bentuk rasa cinta terhadap jati diri Yonif 141/AYJP yang merupakan satuan pemukul Korem 044/Gapo,” pungkasnya. (NP/Ril)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/01/14/233-prajurit-yonif-141-ayjp-jalanai-tradisi-pembaretan-di-bukit-selero-lahat/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Information here on that Topic: gemilangnews.com/2019/01/14/233-prajurit-yonif-141-ayjp-jalanai-tradisi-pembaretan-di-bukit-selero-lahat/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!