Antispasi Bencana Alam, Danrem 044/Gapo Hadiri Apel Gabungan

PALEMBANG-GemilangaNees.Com

KomandanKorem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. menghadiri kegiatan apel gelar pasukan gabungan dalam rangka mengantisipasi bencana alam dampak negatif musim hujan 2018 di wilayah Provinsi Sumsel bertempat di halaman Markas Polda Sumsel Jln. Jenderal Sudirman KM. 4 Kemuning Kota Palembang, Rabu (21/11/2018).

Apel siaga gabungan antisipasi bencana alam ini diikuti ribuan personel dari jajaran Polda Sumsel, anggota TNI, Basarnas, BMKG, BPBD, Satpol PP dan Tim alat berat Dinas Pekerjaan Umum Prov. Sumsel, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan dihadiri oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Kajati Sumsel, Wakapolda, Danrem 044/Gapo, para Dandim jajaran Korem 044/Gapo, Ka BPBD Sumsel, Kakan Basarnas Palembang, Kapolresta Palembang, Danlanal Palembang, Danlanud Palembang dan para Kepala SKPD prov. Sumsel.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, bahwa di wilayah Sumsel memiliki berbagai macam potensi bencana yang diakibatkan oleh faktor alam maupun non alam yang harus kita antisipasi bersama. “Dalam menghadapi musim penghujan saat ini kita perlu mewaspadai segala macam dampak yang mungkin timbul dari perubahan cuaca, seperti banjir, tanah longsor, akibat angin puting beliung dan penyebaran penyakit yang muncul”, terang Kapolda.

Lebih lanjut, kapolda mengungkapkan, dengan dilakukannya siaga khusus antisipasi bencana alam ini, diharapkan personel gabungan yang didukung peralatan penanggulangan bencana seperti alat berat, perahu karet, termasuk helikopter lebih siap mengantisipasi bencana. “Saya minta kepada seluruh personel yang terlibat dalam apel siaga ini untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat. Dengan berbagai persiapan ini juga diharapkan dapat mengurangi risiko bencana dan meringankan beban masyakat jika terjadi bencana”, tutur Irjen Pol Zulkarnain.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang Berty DJ Kowaas mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan 2018. Dimana mulai musim hujan November 2018 ini hingga beberapa bulan ke depan pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor serta bencana lainnya. “Dalam kondisi musim hujan, seperti tahun sebelumnya berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, kecelakaan angkutan darat, laut, dan udara. Basarnas ditugaskan membantu dan melakukan evakuasi korban bencana baik yang masih hidup maupun yang meninggal dunia”, Ujar Berty DJ Kowaas.

Selesai pelaksanaan kegiatan apel kesiap siagaan bencana alam dilanjutkan pemeriksaan kesiapan sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana alam oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara didampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Kajati Sumsel, Wakapolda, Danrem 044/Gapo, Kepala BPBD Sumsel dan Kepala Kantor Basarnas Palembang. (NP)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!