Dirjen PPMD, Taufik Madjid Bertekad Tuntaskan Mandat UU Desa

BALI-GemilangNews.Com

Semangat untuk melakukan akselerasi kemandirian Desa dan  kesejahteraan masyarakat desa sebagaimana dimandatkan oleh Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 terus digelorakan oleh Kementerian Desa PDTT dengan berbagai langkah strategis dan taktis program pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa.

Tekad Kementerian Desa PDTT melalui Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, antara lain adalah dengan cara  mendorong para pengampu kepentingan Desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa, mengupayakan penurunan angka kemiskinan di Desa, meningkat kualitas hidup masyarakat desa dengan mengurangi angka disparitas atau angka kesenjangan sosial dan memaksimalkan peran  masyarakat desa sebagai  subjek pembangunan.

Dalam Rilis yang di sampaikan kegiatan Lokakarya dan Rakornis PPMD yang dikirim ke Media ini, Sabtu (20/10 /2018). Menurut Dirjen PPMD, Taufik Madjid, atas nama Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, di hadapan 400 peserta mengatakan, program PPMD ke Depan lebih fokus pada upaya orientasi peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dgn memenuhi kebutuhan pelayanan sosial dasar, pendidikan, kesehatan dan ekonomi Desa dengan sentuhan teknologi sesuai dengan kebutuhan Desa.

“Kita ingin wujudkan tekad ini dengan menggandeng para pihak, baik Pemerintah Daerah, Dinas PMD, Pendamping Desa, Kepala  Desa dan masyarakat penggiat Desa”, tegasnya yang disambut tepuk tangan meriah peserta di Ballroom, Hotel Ungasan, Bali.

Oleh karena itu, Taufik yang didampingi para Direktur di lingkungan Direktorat Jenderal PPMD, berharap agar Desa-desa ke Depan menjadi Desa yang telah dirancang sedemikian rupa menjadi Desa yang khas, seperti Desa Adat, Desa Teknologi, Desa Sehat, dan Desa Cerdas, Desa Wisata, dan lainnya. Caranya? Lanjut Taufik, dengan  meningkatkan sarana prasarana Desa, mendorong produk unggulan desa, meningkatan SDM  masyarakat desa dan penguatan nilai berskala  lokal Desa.

” Itu semua akan terwujud,- seperti kata Presiden Jokowi, – manakala Desa mampu memanfaatkan teknologi informasi dan media informasi digital, mulai dari pengembangan aplikasi, pengelolaan hingga promosi produk desa yg dikelola oleh BUMDes”, imbuhnya.

Sementara itu, Direktur SDA dan TTG, Leroy Samo Uguy, mengatakan, tujuan kegiatan Lokakarya dan Rakornis PPMD tersebut antara lain untuk menumbuhkembangkan gagasan baru dari stakeholder yang nantinya dirumuskan dalam regulasi yang dapat mempercepat upaya mewujudkan cita-cita Desa melalui program pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa.

Selain itu, Leroy juga berharap agar muncul kesamaan pemahaman dan persepsi bersama sehingga terbangun komitmen bersama dalam rangka pengentasan kemiskinan di  Desa melalui sentuhan Teknologi Tepat Guna yang berkelanjutan dan tepat guna.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan hadiah bagi para juara lomba TTG dan Inovasi Desa, baik juara  harapan 1, 2 dan 3 dan juara 1, 2 dan 3.

Untuk lomba TTG, juara 3 diraih oleh Posyantek “Karya Berseri”, dari Provinsi Sumatera Utara, juara 2 diraih oleh Posyantek “Nata Raharja” dari Provinsi Jawa Tengah, dan juara 1 diraih oleh Posyantek “Alihlas”  dari Provinsi Banten.

Sedangkan untuk lomba Inovasi Desa, juara 3 berupa temuan inovasi alat penyamak kulit ikan diraih oleh Provinsi Bali, juara 2 temuan inovasi pompa air grafitasi diraih oleh Provinsi Kalimantan Utara dan juara 1 berupa temuan inovasi kursi roda diraih Provinsi Jawa Barat.

Reportet: Yuli/Ril

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 40580 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/10/20/dirjen-ppmd-taufik-madjid-bertekad-tuntaskan-mandat-uu-desa/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you can find 15406 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/20/dirjen-ppmd-taufik-madjid-bertekad-tuntaskan-mandat-uu-desa/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you will find 82822 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/20/dirjen-ppmd-taufik-madjid-bertekad-tuntaskan-mandat-uu-desa/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2018/10/20/dirjen-ppmd-taufik-madjid-bertekad-tuntaskan-mandat-uu-desa/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!