Pangdam II/Swj Sambut 350 Personil Satgas Pamtas RI-Malaysia

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Setelah selama 9 bulan bertugas di wilayah perbatasan Kabupaten Malinau, Nunukan dan Mahakam Ulu, sebanyak 350 Prajurit Yonif 141/AYJP yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia – Malaysia, diterima Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Selasa (4/9/2018) dalam suatu upacara penyambutan bertempat di Dermaga Pelabuhan Boom baru, Palembang.

Upacara penyambutan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 141/AYJP juga dihadiri oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Imam Budiman, Danlanal dan Danlanud Palembang, para Asisten dan Kabalak Kodam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan TNI AU, para Pengurus Persit KCK Koorcab Korem 044/Gapo, unsur  FKPD Sumsel serta para tamu undangan lainnya.

Pangdam II/Swj dalam sambutannya mengatakan bahwa, tugas pengamanan perbatasan darat negara yang telah dilaksanakan para Prajurit Yonif 141/AYJP merupakan salah satu tugas pokok TNI AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana tertuang dalam undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Selain menyampaikan rasa bangga kepada para Prajurit Yonif 141/AYJP yang telah berhasil dalam melaksanakan tugas di Perbatasan RI-Malaysia, Pangdam juga berpesan untuk mengevaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan sebagai bahan penyempurnaan dalam peningkatan kualitas pembinaan satuan.

“Lakukan inventarisasi dan pengamanan baik personel, materiil maupun pengamanan berita. Sadari bahwa tidak semua yang kalian lihat, dengar, rasakan, lakukan  dan  alami selama di daerah penugasan dapat diberitahukan kepada yang lain, terlebih yang menyangkut rahasia tentara,” tandas Pangdam.

Diakhir sambutannya, Pangdam berpesan agar segera menyesuaikan diri dengan kondisi  dan  lingkungan satuan di home base, dan selalu menjaga disiplin, berperilaku santun, simpatik, bersahaja, dan sederhana serta membuang jauh-jauh sifat arogan.

“Jadilah prajurit pelopor, yang selalu mentaati setiap rambu dan aturan yang berlaku sehingga menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat serta selalu didambakan kehadirannya oleh masyarakat,” ujar Pangdam.

Untuk diketahui, selama melaksanakan tugas di perbatasan RI- Malaysia, Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP telah mengabdikan diri demi keutuhan wilayah perbatasan RI-Malaysia, mereka menggali potensi putra-putri di wilayah perbatasan dengan cara melatih mereka karate, mengajar mereka mengaji, melatih Outbond serta  membentuk tentara cilik guna membangkitkan semangat nasionalisme sejak dini, Selain itu, Satgas Yonif 141/AYJP juga berhasil mencegah penyulundupan sabu-sabu serta kegiatan-kegiatan illegal seperti penggunaan senjata rakitan caliber 5.56 mm beredar bebas di kalangan masyarakat.

Berdasarkan laporan purna tugas dan hasil evaluasi dari Satgas Pamtas RI-MLY yonif 141/AYJP, bahwa para prajurit telah mampu melaksanakan tugas yang diberikan dalam menjaga keamanan perbatasan RI-Malaysia dengan sangat baik, antara lain, meningkatnya jumlah patok batas yang telah diketahui letak dan kondisi realnya, menggagalkan penyelundupan narkoba 5.9 gram, miras 1298 botol, mengamankan senjata caliber 5.56 mm 5 pucuk dan 4 pucuk munisi penabur.

Reporter: Nopri/Yuli/Ril

 

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/09/04/pangdam-ii-swj-sambut-350-personil-satgas-pamtas-ri-malaysia/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!