Direktur PMD Terima Kunker DPRD Kabupaten Sawahlunto dan Sigi

JAKARTA-GemilangNews.Com

Direktur PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Direktorat Jenderal PPMD (Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa), Kemendes PDTT, M Fachri, menerima kunjungan rombongan anggota DPRD Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Adi Ikhtibar dan anggota DPRD Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Rizal Intjenae dalam rangka konsultasi dan sharing pengalaman dalam konteks Penggunaan Dana Desa untuk meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat Desa di ruang rapat kantor Direktorat PMD, Kemendes PDTT, Jakarta. Dalam siaran Pers yang dikirimkan ke Media ini, (28/8/2018).

Menurut M. Fachri, selaku Direktur PMD, memberi  apresiasi atas kepedulian para wakil rakyat dari kedua kabupaten tersebut dalam hal pengawalan Dana Desa sebagaimana tugas dan fungsi yang mereka emban. M. Fachri juga berharap agar para wakil rakyat di Daerah turut berperan lebih aktif lagi dalam turut mendorong keberhasilan pemanfaatan  Dana Desa sebagaimana  diamanatkan oleh  UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Kami berterima kasih kepada lembaga DPRD yang turut memberi andil cukup signifikan”, katanya.

Lebih lanjut, M. Fachri mengatakan, Kemendes sangat mendorong upaya Desa dalam meningkatkan  ekonomi warga melalui penguatan kelembagaan ekonomi berupa BUMDes. Pemerintah Desa, lanjutnya, mestinya lebih berani menggunakan Dana Desa untuk mengembangkan berbagai unit usaha produktif dan inovatif yang dimiliki oleh BUMDes, baik aspek penyertaan modal maupun peningkatan managemen SDM.

“Di beberapa Daerah, terutama di Pulau Jawa, sudah cukup banyak BUMDes yang berhasil mengelola berbagai unit usaha inovatif dan produktif dengan nilai omzet dan keuntungan yang cukup besar, seperti  BUMDes di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

“Kami berharap BUMDes yang ada di Sigi dan Sawahlunto serta daerah lainnya di Indonesia bisa seperti itu”, imbuhnya.

BUMDes, lanjutnya, merupakan  simbol pergerakan ekonomi di desa saat ini. Pemerintah berharap lembaga bentukan desa ini  perkembang dengan baik.

“Pemerintah desa sebaiknya jangan canggung atau ragu, memberi penyertaan modal pada BUMDes dari Dana Desa untuk usaha jasa seperti sewa tenda dan sound system maupun usaha lain. Dengan strategi  inilah Modal dapat dikelola dan dikembangkan untuk kemanfaatan masyarakat”, ujarnya.

Ketua DPRD Sigi, Rizal Intjenae menyatakan, pihaknya akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut kepada Pemda maupun stakeholder terkait. Rizal berharap peran BUMDes ke depan lebih besar dalam mendorong sektor ekonomi dan pendapatan masyarakat Desa. (Ril/Yuli)

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!