Dalam Jiwanya Tertanam Sifat Keteraturan

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Program Latihan Minggu Militer dari Pimpinan TNI AD merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu keempat atau minggu terakhir yang  dimanfaatkan para prajurit dan PNS TNI Kodam II/Sriwijaya, tak ketinggalan Korem 044/Gapo turut hadir dalam melaksanakan latihan Peraturan Militer Dasar (Permildas) khususnya Peraturan Penghormatan Militer (PPM) yang dipusatkan di lapangan Jasdam II/Sriwijaya Jln. H. Burlian KM.9 Palembang sebagai upaya untuk terus meningkatkan profesionalisme prajurit di tiap-tiap satuan, Senin (27/8/18).

Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) II/Sriwijaya Kolonel Inf M. Arif Suryandaru selaku koordinator latihan saat mengambil apel peserta latihan menyampaikan, bahwa kegiatan latihan Permildas merupakan salah satu cara untuk membentuk disiplin prajurit, karena dalam Permildas dapat kita lihat gerakan perorangan maupun kelompok yang dapat menunjukkan sikap perasaan taat dan patuh terhadap aturan yang harus dilakukan dan menjadi tanggung jawabnya. “Orang yang biasa disiplin, didalam jiwanya sudah tertanam sifat keteraturan, rasa peka dan peduli terhadap lingkungannya, serta dapat menumbuhkan ketenangan, percaya diri, kemandirian dan keakraban terhadap orang disekelilingnya.” terang Kolonel Arif.

Lebih lanjut Kajasdam II/Sriwijaya mengatakan, bahwa tujuan latihan ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh parajurit Kodam II/Swj tentang ketentuan yang harus dipedomani berkaitan dengan Penghormatan Militer, sehingga diharapkan tidak ada pelanggaran atau tegoran yang diakibatkan kesalahan dalam perlakuan terhadap atasan, baik atasan langsung maupun tidak langsung. “Kita sama-sama mengingat kembali tentang peraturan penghormatan militer yang tercantum dalam Peraturan Panglima TNI (Perpang) Nomor 45 Tahun 2014 yang akan diperagakan oleh Tim Peraga,” jelas Kajasdam.

Dalam kegiatan latihan pada hari pertama yang diikuti lebih dari 700 personel ini, selaku koordinator materi Mayor Chb Rozikin Pemen Jasdam II/Sriwijaya, dalam penjelasannya disampaikan bahwa PPM adalah suatu perwujudan penghargaan seseorang terhadap orang lain atas dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.  “PPM juga bertujuan untuk membentuk suatu ikatan jiwa yang kuat, kedalam maupun keluar, hanya dapat dicapai antara lain, dengan adanya pernyataan saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan tertib sempurna dan penuh keikhlasan,” ujarnya.

Dalam latihan Permildas PPM kali ini, materi yang disampaikan meliputi penghormatan perorangan bersenjata maupun tanpa senjata dan penghormatan secara berkelompok dengan bersenjata dan tanpa senjata, penghormatan dari bawahan kepada atasan, baik kepada atasan langsung berpangkat Pati maupun Pamen kebawah dan atasan tidak langsung berpangkat Pati maupun Pamen kebawah serta penghormatan saat sedang berkendara.

Reporter: Nopri

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 93530 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/08/27/dalam-jiwanya-tertanam-sifat-keteraturan/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!