Pilpres Sumsel DPS Dan DPT Terus Update

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Pemilih Sementara (DPS) dan Pendapatan Data Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang akan digunakan dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan presiden dipastikan akan selalu update untuk memudahkan semua pihak menghadapi pesta demokrasi tahun depan.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumsel telah menyerahkan data kependudukan tersebut pada Desember 2017 silam.

Kepala Disdukcapil Provinsi Sumsel, Drs. Reinhard Nainggolan M.Si “Mengatakan Kepada media,”Sudah Sejak Desember 2017 lalu, pihaknya sudah memberikan data kependudukan ke Kemendagri, dan saat ini tinggal mengejar pembuatan KTP elektronik,” Terangnya Jumat (24/8/2018).

Selain itu dijelaskan Reinhard, bahwa data kependudukan tersebut juga terus diperbarui setiap harinya. Termasuk jika ada calon pemilih yang meninggal, pindah tempat tinggal ataupun perubahan data lainnya dan. Perekaman dan pencetakan terus di percepat. Berbagai upaya sudah dilakukan mulai dari sosialisasi dan jemput bola ke tempat keramaian,” jelasnya.

“Sehingga, saat pelaksanaan Pilleg dan Pilpres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara tinggal melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) di lapangan,” Bebernya.

Hanya saja, kendala saat ini masih banyak warga yang belum sadar administrasi kependudukan.

“Seandainya salah seorang anggota keluarga mereka yang sudah meninggal tidak ada yang melaporkan dan pindah alamat tanpa memberi tahu Rukun tetangga ini problem yang sering dihadapi”.

Reinhard mengimbau kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam melaporkan data kependudukan, Tutupnya.

Reporter: FH

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!