PENDAMPING DESA FASILITASI BANTUAN KORBAN GEMPA LOMBOK

LOMBOK.NTB-GemilangNews.Com

Tenaga Pendamping Profesional Indonesia atau  Pendamping Desa di Provinsi NTB, terdiri dari Tenaga Ahli Koordinator Program Provinsi, Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa berhasil fasilitasi kerjasama bantuan bahan2 kebutuhan pokok dengan pihak2 donatur untuk membantu distribusikan kepada masyarakat korban gempa bumi di Lombok, (10/08/2018).
 
Menurut Koordinator Program Provinsi, Tauhid Rifai, didampingi TA SDM, Husni Anshori, TA KN-P3MD, Arwani, Ahmad Labib dan Choiril Akbar, bantuan tersebut dari donatur untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa. 
 
“Kami Pendamping Desa sangat prihatin atas musibah yang menimpa warga masyarakat. Karenanya, kami inisiasi kerjasama dengan donatur dan kami  langsung mendistribusikan ke posko-posko pengungsi, terutama yang didirikan oleh Pendamping Desa yang tersebar di titik-titik strategis, baik di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Timur”, kata Tauhid Rifai.
 
Adapun bantuan tersebut berupa beras sebanyak 1.5 Ton, selimut sebanyak 500 buah, sarung sebanyak 500 buah, Telor sebanyak 350 krat, Air mineral sebanyak 500 dus, obat-obatan sbanyak 500 paket, susu balita sebanyak 50 dus, mie instan sebanyak 200 dus, pempers sebanyak 50 dus dan terpal sebanyak 20 buah. 
 
Kepala Dinas PMD Provinsi NTB, Ashari didampingi Zulkarnaen dari Kemendes PDTT, atas nama Direktur PMD, M. Fachri menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pendamping Desa atas usaha keras dan fasilitasi kerjasama dan distribusi bantuan dari para pihak. 
 
“Inilah salah satu bukti keberhasilan dan keberpihakan Pendamping Desa secara konkrit dalam  membantu korban gempa yang sangat kita apresiasi”, katanya. 
 
Bantuan tersebut dipusatkan di Pos Pengendali Penanganan Gempa  Tingkat Provinsi  untuk selanjutnya didistribusikan ke posko-posko  Pengendali di Tingkat  Kabupaten dan Posko pengungsi tingkat Kecamatan sejumlah 9 tempat yang tersebar di Kecamatan-kecamatan dan pelosok-pelosok Desa.
 
Posko Pengendali Tingkat Provinsi tersebut terletak di  Desa Kekeri, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Posko Pengendali Tingkat Kabupaten difokuskan di Lombok Utara yang terletak di Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang dan Desa Gondang, Kec. Gangga, Kab Lombok Utara. Selanjutnya Posko Pengendali Kab Lombok Barat terletak di Desa Kekeri, Kec. Gunungsari yang juga difungsikan untuk Posko Pengendali  tingkat Provinsi. 
 
Semua posko tersebut digunakan untuk keperluan koordinasi, konsultasi, fasilitasi, edukasi dan pengendalian segala hal terkait dengan bantuan  untuk masyarakat terdampak gempa dan kegiatan pendampingan Desa, baik di saat bencana maupun recovery pasca bencana yang sumber pembiayaannya dari Direktorat PMD dan  Konsultan Nasional P3MD dan PID. 
 
“Di masing-masing posko disiapkan layanan  kesehatan, dapur dan pos pelayanan publik yang disiagakan Tenaga  Pendamping Desa yang siap membantu  distribusikan bantuan ke posko-posko pengungsi di pelosok-pelosok  Desa maupun Dusun, terutama  yang belum banyak mendapat bantuan”, kata kadis. (Yuli)
CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!