TNI dan POLRI Siaga Keamanan Pilkada Serentak

Lampung.UtaraGemilangNews.Com

Demi amankan pelaksanaan Pilkada serentak Polres Lampung Utara menggunakan pola pengamanan dengan sistem 2:8.10, dan 2:4.8.

Kapolres Lampung Utara AKBP Eka Mulyana mengatakan, untuk pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara berdasarkan data KPU jumlah TPS ada 1.137, dan untuk pengamanan itu ditempatkan 2 personil yang mengawasi 8 TPS bersama 10 orang linmas.

 “Pola pengamanan kategori Aman dengan 2: 8.10, dan pola rawan 1, dengan pola 2: 4.8,” kata AKBP Eka Mulyana, di Mapolres setempat,  Selasa (26/6/2018).Dijelaskannya, pola 2: 8.10 dan 2: 4.8 tersebut dengan menempatkan 2 anggota Polri yang melakukan pengamanan di TPS di daerah yang dianggap aman, atau 2 anggota mengamankan 4 TPS di daerah rawan.

“Penempatan personil di daerah dengan kriteria rawan satu dan daerah aman. Daerah rawan maksudnya adalah jarak antara TPS dan kantor Kecamatan cukup jauh serta masalah sosial yang diprediksi cukup tinggi,” ujarnya.

Penerapan pola itu, lanjutnya, Polres menerjunkan sekitar 450 personil yang dibackup oleh anggota Brimob sebanyak 2 kompi atau sekitar 150 anggota, lalu personil TNI dari Kodim 0412 sebanyak 169 anggota serta dari Batalyon 143 sebanyak 50 personil.

“Kalau untuk anggota yang standby di Mapolres sebanyak 80 anggota,” jelasnya.

Kapolres Lampung Utara itu juga menjelaskan sedikitnya ada 6 Kecamatan yang dinilai rawan, yakni Kecamatan Abung Pekurun, Muara Sungkai, Abung Tinggi, Abung Timur, Abung Surakarta, dan Bungamayang.

 “Untuk daerah itu ditempatkan personil Brimob. Karena jika ada kendala, dan jangkauannya jauh, anggota Brimob sudah bersiaga disana sehingga segera teratasi,” lanjutnya.

Selain menempatkan anggota di tiap TPS, AKBP Eka Mulyana, mengatakan bahwa pihaknya juga mensiagakan anggota Perwira Pengendali di Kecamatan. Dimana, tiap perwira pengendali dibantu anggota Babinsa sebanyak 6-7 anggota.

“Tugas pengamanan dilakukan sejak pendisitribusian logistik Pilkada dari KPU ke TPS, serta saat penghitungan suara, dan ketika logistik kembali lagi ke KPU,” pungkasnya. (Mtr)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2018/06/26/tni-dan-polri-siaga-keamanan-pilkada-serentak-2/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: gemilangnews.com/2018/06/26/tni-dan-polri-siaga-keamanan-pilkada-serentak-2/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More Information here on that Topic: gemilangnews.com/2018/06/26/tni-dan-polri-siaga-keamanan-pilkada-serentak-2/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!