Korem 061/Suryakancana Sukses Selenggarakan Babinsa Award Tahun 2018

BOGOR-GemilangNews.Com

Bintara pembina Desa (Babinsa) TNI AD merupakan aparat terdepan teritorial TNI AD yang sering disebut ujung tombak teritorial atau unsur terdepan dari mata rantai Pembinaan Teritorial yang berhadapan langsung dengan Masyarakat.

Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional, melaksanakan tugasmembina,membimbing dan mendukung percepatan pembangunan di Desa.

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ketempat kejadian, contoh saat ada banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan kejadian apapun ditengah Masyarakat, Babinsa selalu berada ditengah Masyarakat baik sebagai pembina Desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan Masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, babinsa juga selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat terkait di Desa Dan Kelurahan juga tokoh Masyarakat, Agama dan Tokoh Pemuda serta elemen Bangsa Lain dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tugas yang diembanya.

Hal itu disampaikan oleh Danrem 061 /Suryakancana Kolonel Inf.Mochammad Hasan ketika memberikan sambutan dalam acara Babinsa award Korem 061/Suryakancana Tahun 2018 di Mess Korem 061 Suryakancana Sabtu (12/05/2018).

Lebih Lanjut ia juga menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan kegiatan penghargaan Babinsa Award 2018 adalah memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Babinsa karena selama ini, Babinsa menjadi ujung tombak teritorial di Korem 061/Suryakancana, dalam bentuk Babinsa Award 2018.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan Babinsa Award yang artinya adalah suatu kegiatan untuk mengapresiasi kinerja Babinsa yang selama ini menjadi ujung tombak kegiatan pemulihan teritorial diwilayah Korem 061/SK yang dikemas dalam bentuk kegiatan lomba foto dan video yang diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan wartawan.” ujar Danrem 061/SK Kol Inf M.Hasan SH.

Selain memberikan apresiasi kepada Babinsa,pada kesempatan itu juga Danrem juga memilih jajaran kepolisian melalui Babinkamtibmas terbaik sebagai mitra Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di Desa.

“Bintara Pembina Desa (Babinsa) sesuai dalam undang-undang, tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan. Yaitu memberdayakan seluruh wilayah yang ada di Indonesia untuk bagaimana berfungsi sebagai alat kesejahteraan dan pertahanan serta aplikasi sampai ke bawah itu babinsa yang mengerjakan,” tuturnya.

“Karena mengelola geografi, demografi dan kondisi sosial. Hal hal kecil yang dilakukan oleh babinsa adalah pengembangan besar terhadap bangsa ini. Babinsa bela Bangsa semuanya,” tambah Danrem.

Bentuk apresiasi yang di kemas seperti itu supaya dalam menjalankan tugasnya, Babinsa lebih fleksible dan tidak terlalu kaku.

“Kegiatan ini cuma gagasan saya, dari ide yang dikembangkan sekitar 3 bulan yang lalu sehingga munculah Babinsa Award ini,” tandas Danrem.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Wakapolresta Bogor, Ketua IMO, Kasrem 061/Sk, Dandim 0606/Kota Bogor, Tokoh Masyarakat, Budayawan, Wartawan, perwakilan Danramil serta Babinsa di wilayah Korem 061/Sk.

Dari data yang berhasil dihimpun dari Penrem 061 /Suryakancana untuk juara Lomba Foto dan Video Babinsa award 2018 adalah sbb :
Lomba Foto Kategori wartawan,
1.Juara 1 Arif firmansyah-Antara Foto
2.Juara 2 Hendi Novian-Bogor In
3.Juara 3 Rangga Firmansyah-Harian Metro

Adapun Juara Foto Kategori Umum :
1.Juara 1 Rahmat Hidayat
2.Juara 2 Iman Surya Afandi
3.Juara 3 Erwin Kurniawan

Sedangkan untuk juara lomba video Babinsa Award kategori umum adalah :
1.Juara 1 Purnawan
2.Juara 2 Heru Yustanto
3.Juara 3 Febriyana Suryadi

Kemudian, untuk Babinsa Berprestasi di wilayah Korem 061/Suryakancana tahun 2018 adalah:
1.Juara 1 dimenangkan oleh Serda Slamet Babinsa Koramil 2202/Pelabuhan Ratu Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi.
2.Juara 2 dimenangkan Pelda Ganda Babinsa Koramil 0806/Karang Tengah Kodim 0608/Cianjur.
3.Juara 3 dimenangkan oleh Serda Chusna Babinsa Koramil 2122/Rumpin Kodim 0621/Kabupaten Bogor.
Danrem 061/Sk juga memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas terbaik, yaitu :
1. Aiptu Fery Guardian, S.Sos, Polresta Bogor.
2. Brigadir Buana Adi Putra, S.H, Polres Bogor.

(Dok. Penrem 061/Sk)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2018/05/12/korem-061-suryakancana-sukses-selenggarakan-babinsa-award-tahun-2018/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you will find 93363 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/05/12/korem-061-suryakancana-sukses-selenggarakan-babinsa-award-tahun-2018/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: gemilangnews.com/2018/05/12/korem-061-suryakancana-sukses-selenggarakan-babinsa-award-tahun-2018/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/05/12/korem-061-suryakancana-sukses-selenggarakan-babinsa-award-tahun-2018/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!