Warga Kp. Baru Dadap Sangat Antusian menerima Kedatangan Danrem 052/Wijayakrama

TANGERANG-GemilangNews.Com

Implementasi tugas pokok Kodim 0506/Tangerang (Tgr) sebagai penjabaran Tugas Pokok TNI sesuai UU no 34 tahun 2004, salah satunya adalah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat kabupaten Tangerang. Salah satu program pembangunan yang direncanakan oleh pemda kabupaten Tangerang di TA 2017 adalah membangun Turap dan Pengurukan tanah di Ujung Dadap sebagai antisipasi bencana rob yang selalu melanda Kp. Dadap saat hujan dan naiknya air laut (rob).

Pada hari Kamis (28/12) kemarin bertempat di Mesjid Jammi Nurul Ummah Kp. Baru Dadap, telah dilaksanakan kegiatan silahturahmi sekalian sosialisasi oleh Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan S.E., terhadap warga Kp. Baru Dadap, yg dihadiri oleh sekitar 70 orang warga.

Niat baik tak selalu berjalan lancar, tentunya ada saja pihak-pihak yang berbeda pendapat mencoba memprovokasi dan memberikan penolakan tanpa memahami tujuan yang sesungguhnya dan menuduh bahwa Kodim akan membangun Rumah Susun sehingga beberapa warga menginginkan alat berat dikeluarkan dari lokasi.

Hadir pada acara sosialisi kemarin diantaranya adalah Kolonel Inf Iwan Setiawan, SE., (Danrem 052/Wkr), Letkol Inf M.I. Gogor AA (Dandim 0506/Tgr), Letkol Inf Yogi Muhamanto, Mayor Inf Leo (Kasi Ter Korem 052/ Wkr), Mayor Kav Sigit (Kapenrem 052/Wkr), Mayor Inf Bangun Siregar, AKP Predy Yudha Satria, S. ST. (Kapolsek Teluknaga), Drs. Toni Rustoni (Camat Kosambi), Zamzam Manohara Sekcam Kosambi, Kapten Inf Ridwan Idrus (Danramil 03/ Teluknaga) serta para Tokoh Masyarakat warga Kp. Baru Dadap Kel. Teluknaga, Kec. Kosambi Kab. Tangerang.

Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan,SE., dalam sambutannya mengatakan kemarin saya kesini hanya bertemu dengan beberapa warga saja, tapi hari ini saya dapat bertemu dengan warga yang lebih banyak.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini saya ingin menyampaikan tentang kegiatan TNI kepada para Tokoh Masyarakat yang ada Kp. Baru Dadap,” kata Danrem.

“Saya ingin menyampaikan kepada para bapak ibu yang hadir, apabila ada setiap permasalahan dengan TNI di lingkungan masyarakat harus ada koordinasi atau konsultasi dari aparat setempat, contohnya seperti Danramil, Dandim dan Danrem, apabila Danrem tidak bisa mengatasi bisa konsultasi ke Kodam dan seterusnya secara hirarki,” katanya.

“Kami disini adalah satuan teritorial, maka apabila masyarakat butuh bantuan silahkan berkoordinasilah ke aparat setempat, baik itu hal kecil maupun yg besar,” pungkasnya.

“Program TNI AD disemua plosok negeri ini pasti ada yang pro dan kontra. Maka dari itu kita harus dapat saling bekerja sama dan saling membantu dengan cara berkomunikasi antara masyarakat dan aparat terkait, setiap pembangunan infrastruktur selalu ada resikonya, akan mengubah beberapa kebiasaan lingkungan, seperti kemacetan lalu lintas, kebisingan dan sebagainya,” ungkap Danrem.

“Marilah kita bekerjasama untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif demi pembangunan dan kemajuan negara kita ke arah yang lebih baik, khususnya melalui program-program di wilayah,” lanjutnya.

Sementara itu Camat Kosambi Drs. Toni Rustoni mengatakan bahwa inti dari silahturahmi ini membahas tentang dukungan dan program kerja Pemerintah.

“Kita harus mendukung program tersebut, saya menjabat sebagai Camat disini pun adalah program Pemerintah, contoh seperti pelayanan e-KTP itu gratis, kalau tidak percaya mari sama-sama kita ke Kecamatan, ayoo main ke kantor saya,” kata Camat yang disambut dengan tepuk tangan warga Kp. Baru Dadap yang hadir.

“Saya ingin mendorong masyarakat supaya maju dan hidup makmur. Contohnya seperti tempat hiburan malam/cafe-cafe disini alhamdulillah sudah tidak ada, kita berterimakasih kepada Pemerintah lingkungan kita bebas terhadap Kemaksiatan,” tandasnya.

Camat Kosambi juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan silahturahim ini harus menjadi lebih baik kedepan dan sekali lagi saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat bekerjasama dan saling bahu-membahu antara warga dengan Pemerintah.

Dipenghujung acara silahturahmi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan warga, diantaranya sambutan dari Ustadz Sujai sebagai perwakilan Tokoh Masyarakat yang meminta maaf kepada aparat TNI dan khususnya kepada Danrem 052/Wkr serta Dandim 0506/Tgr atas kejadian yang telah terjadi dimana hal ini dikarenakannya kurang informasi sehingga menimbulkan salah persepsi dan salah komunikasi.

“Kami menyesal atas kejadian tersebut, kami mendukung kerja dari Aparat TNI yang selama ini sudah banyak membantu rakyat baik hubungan kemasyarakatan dengan menunggal bersama rakyat,” ucap Ustadz Sujai.

Bapak Ahmad Arif warga Kp. Baru Dadap juga menyampaikan bahwa selama ini kampung disini sangat kumuh, saya tidak tau adanya kegiatan pengurugan kampung ini.

“Kalo memang program pemerintah positif seperti pembangunan rusunawa untuk warga kami, maka kami terimakasih atas program tersebut, karena selama ini kami tidak mengerti apa yg dikerjakaan Pemerintah selama ini. Kami hanya kaum awam yang tidak mengerti apa-apa,” katanya.

“Kami masyarakat Kp. Dadap mengeluh kenapa lingkungan kami sering dilanda banjir, dengan hadirnya Pak Camat dan Pak Danrem ditengah-tengah tokoh masyarakat mari kita benahi sama-sama agar lingkungan kita layak dan bebas banjir,” pungkasnya.

Sementara itu Ibu Lisnawati warga Kp. Baru Dadap ini juga sempat mengeluh dengan adanya para TNI yang datang disini membuat warga kami resah, karena tidak ada musyawarah antara aparat dengan warga masyarakat.

“Kalau memang adanya kegiatan Bakti TNI kenapa kok ada penggurugan, itu namanya Proyek, kalau memang bakti TNI seperti membersihkan Lingkungan bebas banjir, menata lingkungan disekitar Kp. Dadap, kami bangga dan mendukung atas karya bakti itu pak,” ucapnya.

Danrem 052/Wkr dan Komandan Kodim 0506/ Tgr menjawab segala pertanyaan dari warga tersebut, Program TNI itu melalui TMMD dan sudah terjadwal dibanyak daerah di Indonesia, seperti perbaikan jalan, pembersihan lingkungan disekitar dan perbaikan atau pembuatan jembatan serta rumah ibadah.

“Kita memang butuh dan harus sosialisasi kepada warga kita untuk kerjasama antar Pemerintah baik Pemda maupun aparat terkait. Namun warga harus sadari bahwa Karya Bakti TNI merupakan Program Pemerintah juga,” terang Danrem kepada warga.

“Adanya Informasi bahwa TNI di bawah naungan saya, tidak bekerjasama dengan benar dengan Pemda dan membuat pelanggaran di wilayah, kalau ada hal seperti itu, warga bisa melapor langsung kepada saya dan akan langsung saya tindaklanjuti,” tegas Iwan.

“Jangan berprasangka buruk terhadap TNI, kami tidak akan melaksanakan pengurugan yang diluar rencana program, apalagi merobokan rumah warga, karena itu semua diluar program TNI. Program kami hanya membuat Turap mencegah ROB. Sekali lagi saya sampaikan kepada seluruh warga yang ada disini bahwa tidak ada TNI yang bekerjasama dengan Program Kerja Pemerintah dengan tidak benar atau menyalahi program dan aturan,” tuturnya.

“Tolong warga memahami dan mendukung karya bakti TNI yang sedang berjalan karena itu untuk rakyat juga. Warga bisa terlibat dengan jajaran Kodim 0506/Tgr untuk bergotong royong bersama,” ungkapnya.

Harapan Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan SE., Warga Masyarakat Kp. Baru Dadap dapat memahami dan mendukung Karya bakti TNI ini, kami sebatas membuat turap bukan menggusur warga.

Dalam kesempatan tersebut warga memohon agar Danrem 052/Wkr dan Komandan Kodim 0506/Tgr dalam waktu dekat berkenan laksanakan mediasi lagi kepada warga dengan Bupati Tangerang dan memohon kepada Danrem bisa menyampaikan masukan dari warga Kp. Baru Dadap tentang penataan di Kp. Baru Dadap kepada Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf M.I. Gogor AA mengatakan, akan menyarankan kepada Pangdam Jaya agar program TMMD Tahun depan supaya dilakukan di Kp. Baru Dadap ini, dengan melakukan Pengecoran/Peninggian Jalan masuk ke Kp. Baru Dadap, sontak disambut dengan tepuk tangan warga yang terlihat sangat senang dan mendukung program itu.

Dari amatan awak media, kegiatan silahturahmi sekaligus sosialisasi program Karya Bakti kemarin telah berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!