PANGDAM JAYA/JAYAKARTA BERTINDAK SEBAGAI IRUP PADA UPACARA HARI JUANG KARTIKA TAHUN 2017 DI KOTA TANGERANG

TANGGERANG-GemilangNews.com

“Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat memperingati Hari Juang Kartika yang merupakan Hari Jadi TNI Angkatan Darat ini dalam keadaan sehat wal ’afiat,” kata Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) melalui amanatnya yang dibacakan tulah amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono, Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Jaswandi saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Hari Juang Kartika tahun 2017 yang digelar di Alun-Alun Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jum’at (15/12/2017).

Jenderal TNI Mulyono mengajak seluruh prajurit, ASN dan keluarga besar TNI AD dimana pun berada untuk menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah melahirkan serta membesarkan TNI Angkatan Darat, seraya berdoa semoga amal bakti dan perjuangannya diterima dan dicatat sebagai amal ibadah oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Tak lupa penghormatan dan penghargaan yang tinggi juga kami sampaikan kepada para sesepuh dan senior, baik yang dapat hadir di sini maupun tidak, yang telah memberikan dharma baktinya demi kejayaan TNI, Bangsa dan Negara hingga saat ini,” kata Kasad.

Atas nama pribadi dan Kepala Staf Angkatan Darat mengucapkan “Selamat
Hari Juang Kartika” dan “Dirgahayu TNI Angkatan Darat” kepada segenap prajurit dan ASN Angkatan Darat beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas.

Sebagaimana peringatan Hari Juang Kartika sebelumnya, pada peringatan kali ini juga dilaksanakan upacara secara terpusat maupun secara tersebar secara sederhana.

Untuk menambah makna peringatan ini, TNI AD juga melaksanakan acara syukuran, ziarah dan lomba Lari 10 KM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodam dan melibatkan 67.328 orang dari berbagai kalangan.

Selain itu, dilaksanakan pula berbagai kegiatan bakti sosial seperti pemberian Sembako sejumlah 27.152 paket, santunan kepada 2.976 orang Veteran dan Warakawuri, donor darah sejumlah 20.460 orang, khitanan massal sejumlah 2.486 orang, operasi bibir sumbing sejumlah 247 orang, operasi katarak sejumlah 2.668 orang dan pengobatan massal sejumlah 19.262 orang, dan pemberian kaca mata baca gratis .

Dibidang karya bakti, telah dilaksanakan penanaman 149.490 pohon di seluruh wilayah. Kegiatan-kegiatan itu diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Para prajurit yang saya banggakan, di dalam negeri, kita merasakan betapa meningkatnya suhu politik yang mendorong terjadinya perang informasi di media nasional maupun media sosial. Ujaran kebencian serta hoax terus mengisi ruang-ruang publik dan semakin menimbulkan ketidaknyamanan bahkan dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. Terlebih lagi, tahun depan merupakan tahun politik,” jelasnya.

Terkait dengan hal tersebut, Kasad menyampaikan, bahwa akan ada pihak-pihak yang berusaha untuk menarik institusi maupun personel TNI AD untuk terlibat didalamnya. Untuk itu, seluruh prajurit diingatkan agar tetap menjaga netranitas TNI khususnya TNI AD sebagaimana diamanatkan Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa “TNI jangan sampai dikuasai oleh partai politik manapun juga, sehingga untuk menjalankan amanat tersebut maka TNI AD harus netral dan tidak boleh terlibat, dilibatkan atau melibatkan diri dalam politik praktis,” tegas Kasad.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh personel TNI AD karena dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2017, kalian telah memegang teguh komitmen dan menjaga netralitas TNI sehingga pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Kedepan, saya tidak akan segan dan ragu untuk memberikan tindakan dan hukuman apabila ada anggota TNI AD yang menciderai amanat reformasi ini,” ucapnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, lanjut Kasad, TNI AD mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama menggali kembali nilai-nilai luhur budaya bangsa yang selama ini menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia. “Nilai-nilai ini secara pribadi, saya sebut sebagai kekebalan atau imunitas bangsa, yaitu suatu kekebalan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kasad.

Dipenghujung kegiatan upacara, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Jaswandi mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir juga kepada seluruh satuan yang telah membantu kegiatan Upacara Hari Juang Kartika 2017 dengan lancar, tertib dan aman.

Dari pantauan awak media usai upacara, digelar drama klosoal perjuangan prajurit yang berkolaborasi bersama pelajar, masyarakat, dan prajurit TNI, dan mewakili Kasad, Jenderal TNI Muyono, secara simbolis, Pangdam Jaya menyerahkan bantuan tali kasih kepada para veteran dan foto bersama didampingi petinggi dariTNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri.

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you will find 53887 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Here you can find 99373 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

  7. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2017/12/15/pangdam-jayajayakarta-bertindak-sebagai-irup-pada-upacara-hari-juang-kartika-tahun-2017-di-kota-tangerang/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!