PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI NEGARA TELAH MENGALAMI BERBAGAI GANGGUAN COBAAN DAN RINTANGAN

BOGOR-GemilangNews.Com

Pancasila sebagai Idiologi dan Dasar Negara dalam perjalanan telah mengalami berbagai gangguan,cobaan dan  rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara indonesia karena memang Pancasila adalah karakter dan kepribadian bangsa Indonesia.   Kita akan terus meyakini saat ini dan diwaktu yang akan datang bahwa pancasila tetap menjadi solusi bangsa Indonesia.

Untuk itu, kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada.Pancasila bukan hanya  untuk dipelajari dan dihapalkan, tetapi pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap,tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila. Pendek kata setiap “perbuatan yang baik dan benar” itu adalah cermin Warga Negara Indonesia Pancasilais.  Sebagai Prajurit Sapta Marga dan PNS yang Berpanca Prasetya Korpri tentunya kita wajib hukumnya untuk memulai memelopori memberi contoh dan tauladan ”perbuatan yang terbaik dengan cara yang baik dan benar” baik dalam kedinasan maupun dalam lingkungan kemasyarakatan. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo  pada sambutan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila  yang dibacakan Inspektur Upacara  Komandan Wing 4 Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Hendro Arief H.S.Sos. Bertempat di Main Aperon Lanud Atang Sendjaja Bogor. Rabu (1/6)

Lebih lanjut Panglima TNI menekankan terkait dengan perkembangan situasi yang menimbulkan kekawatiran dan kecemasan masyarakat dalam implementasinya,tugas-tugas TNI dapat diikutsertakan dengan cara mengedepankan beberapa hal sebagai berikut : Pertama, Apapapun yang dilakukan TNI senantiasa dalam rangka pemberdayaan institusi fungsional dan untuk rakyat. Kedua, TNI merupakan bagian dari sistem nasional. Ketiga, Apapun yang dilakukan TNI bersama dengan komponen bangsa lainnya. Keempat, Segenap peran dan tugas TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dilakukan atas kesepakatan bangsa dengan pengaturan secara konstitusional.

Pada akhir sambutannya Panglima TNI menyampaikan, minggu depan  kita telah memasuki Bulan Suci Ramadhan , bulan penuh berkah yang selalu ditunggu tunggu Umat Islam, selaku pribadi dan Panglima TNI saya mengucapkan “selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H” Kepada segenap Prajurit dan PNS TNI yang melaksanakannya, semoga keiklasan dan keteguhan dalam beribadah di bulan suci nanti semakin menjiwai pengabdian kita kepada bangsa dan negara.

Hadir pada upacara Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila  Tanggal 1 Juni 2016, Para Kadis, Komandan Satuan serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan  Pegawai Negeri Sipil  lanud Atang Sendjaja serta Wingdikum.(Pentak Lanud ATS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2016/06/02/pancasila-sebagai-idiologi-negara-telah-mengalami-berbagai-gangguan-cobaan-dan-rintangan/ […]

JELAJAHI