Proyek Tol Cisuka Rugikan Warga

BOGOR-GemilangNews.com

Aktivitas pekerjaan pembangunan jalan Tol Ciawi – Sukabumi (Cisuka) di wilayah Cigombong,  dikeluhkan warga. Pasalnya, para perusahaan pemberi layanan jasa kontruksi dalam pekerjaan tersebut, kurang memperhatikan dampak lingkugan akibat pekerjaannya. Sehingga, tidak sedikit warga yang merasa dirugikan.Sejak proyek Tol Cisuka dimulai, gelombang protes warga sekitar yang terdampak, mulai bermunculan.

Kondisi itu dipicu oleh beberapa faktor. Seperti, dampak kemacetan akibat keluar masuknya kendaraan material dan alat berat, kerusakan dan licinnya jalan akibat lumpur tanah yang terbawa kendaraan proyek, serta polusi suara dan getaran. “Katanya perusahaan sub kontraktor itu semua profesional, tapi buktinya mereka seperti tidak peduli dengan dampak yang ditimbulkan oleh pekerjaannya”, kata Risman, warga Cigombong kepada gemilangnews.com yang mengaku dirugikan oleh sikap tidak profesional para pelaksana pekerjaan Tol, Rabu (23/3/16).

Sementara itu, Weni, warga Lido Cigombong, terpaksa dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi luka dalam di bagian kepala, setelah mengalami kecelakaan bersama suaminya, Karena tergelincir saat melintas di jalan beton berlumpur akibat aktivitas kendaraan proyek Tol, di Kampung Cijambu, Desa Cisalada, Rabu pagi tadi.

“Pihak sub kontraktor chungma memang tanggung jawab atas kecelakaan yang menimpa saya dan istri saya. Tapi sebelumnya manajemen chungma sempat lempar batu ke perusahaan lain”, ungkap Suami Weni, korban kecelakaan.

Saat dikonfirmasi, pihak PT Chungma, mengakui bahwa aktivitas kendaraan yang keluar masuk ke lokasi proyek membawa material tanah ke jalan umum. Dimusim penguhujan saat ini, material tanah itu jadi lumpur yang mengakibatkan jalan menjadi licin. “Ya, memang kami akui kondisi itu. Namun, kendaraan proyek itu bukan hanya milik kami, tapi milik beberapa Sub Kontraktor lain yang sedang melaksanakan pekerjaan di area kami”, kelah manajemen PT Chungma yang enggan menyebutkan namanya.

Sekedar informasi, pekerjaan proyek jalan Tol Cisuka ditangani oleh Main Kontraktor PT Posco. Perusahaan tersebut men Sub kan pekerjaannya kepada sejumlah perusahaan jasa kontruksi lain. Diantaranya, PT Chungma, PT Global, PT LMA dan beberapa perusahaan lainnya. Dampak terbesar yang ditimbulkan oleh pekerjaan proyek itu terjadi pekan lalu di wilayah Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin. Dimana,  sejumlah rumah warga hancur tergerus bajir yang membawa material lumpur dan tanah, yang berasal dari area proyek jalan Tol di area pekerjaan PT. Posko. Bencana serupapun melanda sawah milik warga di Kampung Ciletuh,  Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, akibat pekerjaan PT.  LMA.

 

Reporter: Her

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 47717 additional Info on that Topic: gemilangnews.com/2016/03/24/proyek-tol-cisuka-rugikan-warga/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you can find 2720 additional Info on that Topic: gemilangnews.com/2016/03/24/proyek-tol-cisuka-rugikan-warga/ […]

JELAJAHI