Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara Sambut Baik PIL Program JKN-KIS Oleh BPJS Kesehatan

Lampung.Utara-GemilangNews.Com

Dalam rangka memberikan keseragaman pemahaman akan manfaat dan alur pelayanan kesehatan dalam Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi giat melaksanakan sosialisasi Pemberian Informasi Langsung (PIL) terkait Program JKN-KIS kepada instansi pemerintahan, badan usaha dan masyarakat luas.

Seperti pada kali ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi berkesempatan untuk melaksanakan sosialisasi PIL kepada puluhan pegawai Kementrian Agama Kabupaten Lampung Utara, Jumat (04/10).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Makmur mengungkapkan, bahwa dirinya menyambut baik semua kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan terutama kegiatan sosialisasi PIL seperti ini.

“Setiap sosialisasi pasti tujuannya baik demi bertambahnya ilmu pengetahuan kita. Apalagi jika sosialisasinya diadakan oleh BPJS Kesehatan, wah itu harus kita dengarkan secara seksama. Karena seperti yang sudah sama-sama kita ketahui saat ini banyak sekali informasi mengenai Program JKN-KIS yang simpang siur dan diragukan kebenarannya, yang sayangnya banyak ditelan mentah-mentah oleh sebagian masyarakat kita. Disinilah letak pentingnya sosialisasi untuk meluruskan kesalahpahaman yang terjadi di lapangan,” ungkap Makmur.

Makmur sangat prihatin melihat keengganan masyarakat  untuk mengikuti Program JKN-KIS yang kebanyakan disebabkan oleh termakan berita hoax.

“Katanya berobat menggunakan kartu KIS itu dipersulit. Siapa bilang? Saya sudah merasakan manfaat kartu KIS ini dan sama sekali tidak dibedakan pelayanannya dengan pasien umum. Sampai saya keluar rumah sakit tidak ada biaya yang ditagihkan kepada saya, semuanya gratis! Ada juga yang bilang bahwa berobat menggunakan KIS digital tidak akan dilayani. Ini kan ngawur.  Padahal jika mereka teliti memilah informasi dan mau menelusuri kebenaran informsi tersebut pasti mereka akan tahu hal itu hanyalah kabar hoax.  Justru KIS digital ini adalah solusi bagi kita yang malas membawa banyak kartu di dompet. Ayolah cari tahu info yang benar, jangan semua berita diterima tanpa mencari tahu kebenarannya,” tambahnya.

Kepada BPJS Kesehatan Makmur berpesan agar jangan pernah lelah mengadakan sosialisasi PIL untuk membuka mata dan hati masyarakat mengenai Program JKN-KIS yang mulia ini.

“Membuka mata dalam arti meluruskan kesalahpahaman informasi, harapannya masyarakat menjadi paham akan hak dan kewajibannya sebagai Peserta JKN KIS serta mengetahui manfaat dari program ini. Membuka hati dalam arti masyarakat ikhlas membayar iuran JKN rutin setiap bulan walaupun tidak menggunakannya untuk berobat, karena telah tertanam dalam benaknya bahwa hal ini adalah salah satu bentuk sedekah untuk menolong sesama. Oleh karena itu jadilah peserta JKN-KIS dan buktikan sendiri manfaatnya,” tutup Makmur. (Muhtar)