Bupati Supendi Tinjau Perbaikan Tanggul Amblas

Indramayu-GemilangNews.Com

Bupati Indramayu H. Supendi bersama dengan Sekretaris Daerah Rinto Waluyo meninjau langsung proses perbaikan terhadap tanggul DAS Cimanuk yang amblas di Blok Rengaspayung Desa Kertasmaya, Selasa (8/10/2019).

Seperti diketahui pada pertengahan Juni 2019 tanggul DAS Cimanuk tersebut mengalami pergeseran dan amblas dengan kedalaman 80 cm dan panjang 100 meter. Seiring dengan berjalannya waktu, tanah yang mengalami amblas bertambah mencapai 300 meter.

Kondisi demikian, mengakibatkan putusnya saluran drainase sepanjang 300 meter, retakan badan tanggul sedalam 2 meter, terancamnya 100 unit rumah penduduk, dan terancamnya jalan nasional sepanjang 100 meter.

Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan, kunjungan ke lokasi perbaikan tanggul tersebut untuk memastikan perbaikan yang tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu dan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung. Pasalnya, jika ini dibiarkan maka ancaman tanggul jebol bisa saja terjadi apalagi jika musim hujan datang.

“Saat ini kita terus lakukan perbaikannya, mumpung masih kemarau. Kita antisipasi jika musim hujan datang, tanggul ini harus segera selesai,” tegas Supendi.

Supendi menambahkan, untuk lebih menguatkan dalam penyelesaian tanah amblas ini, pihaknya pada 15 Oktober 2019 mendatang bersama dengan seluruh pihak yang terkait akan melakukan rapat koordinasi guna menpercepat proses perbaikannya.

Sementara itu berdasarkan data dari DPUPR meneyebutkan, untuk penanganan tanggul amblas itu pada tanggal 1-18 Juli 2019 lalu sudah dilakukan pengurugan dengan mengunakan tanah merah dengan panjang tanggul 125 meter dan lebar bawah tanggul 6 meter lebar atas tanggul 3 meter dan tinggi tanggul 275 centimeter.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, pihaknya telah membangun posko darurat dan telah menempatkan petugas monitoring yang terus berjaga di tempat tersebut.

Selain itu, BPBD juga telah mendistribusikan bantuan sebanyak 3 kali berupa family kit, peralatan sandang, selimut, matras, lauk pauk, women kit, kecap, ember, gayung, mie instan, air mineral, saos sambal, susu bubuk, creakers, minyak goreng, kerupuk, makanan siap saji, dan makanan tambahan gizi.

Kunjungan kerja langsung Bupati Indramayu ke perbaikan tanggul amblas tersebut disambut baik oleh masyarakat, mereka berharap agar masalah tersebut bisa diatasi. (Rakiwan)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!