Dirjen Taufik Madjid: Kemendes All Out Sukseskan Sail Nias 2019

NIAS-GemilangNews.Com

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid tegaskan, Kementerian Desa PDTT all out sukseskan agenda Sail Nias 2019.

Hal tersebut disampaikan Taufik saat memimpin rapat koordinasi persiapan Sail Nias 2019 di ruang rapat Direktorat Jenderal PPMD, Minggu, (08/09/2019) Jam 20.00 WIB-Selesai.

“Kita rapat di hari libur dan malam-malam begini karena terpanggil agar agenda puncak Sail Nias yang menjadi tanggung jawab kita berjalan lancar, aman dan sukses. Kita all out”, katanya dalam rilis tertulis ke Media.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sesdirjen, seluruh Direktur, Kasubdit beserta Staf di lingkungan Ditjen PPMD dan unsur KN-P3MD. Dalam rapat itu diputuskan agar Tim yang akan bertugas mulai hari Senin tersebut dapat melakukan pengecekan langsung di beberapa lokus acara. Selain itu juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan panitia antar Kementeran/Lembaga dan panitia lokal.

“Semua harus dipastikan ready dan gladi bersih, termasuk kesiapan Festival Kopi yang digawangi oleh Ditjen PDT”, tegasnya.

Terkait distribusi tanggungjawab yang diemban oleh para Direktur, Dirjen tegaskan semua memiliki tugas yang mulia, yakni menyukseskan seluruh rangkaian acara Sail Nias 2019 mulai persiapan hingga pelaksanaan kunjungan kerja Presiden pada puncak acara pada 13-14 September ini.

Terkait tugas dan koordinasi Tim Kemendes dengan Tim antar K/L dan Tim Daerah, Dirjen mengatakan pihaknya diberi tanggungjawab, baik terkait kesiapan penyambutan Presiden beserta rombongan di Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli, prosesi menuju lokasi Desa Adat Boamataluo untuk pemberian gelar adat kepada Presiden Jokowi hingga prosesi puncak acara Sail Nias di Dermaga Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Taufik juga jelaskan, puncak acara tersebut akan ditampilkan berbagai pagelaran, antara lain Farmozi Gondra, Orahu (Syair Lokal), Tari Fame Afo, Suara Anak Nias, Penandatanganan Simbolik Perangko Sail Nias 2019.

Taufik juga berharap agar kegiatan Sail Nias 2019 dengan dukungan semua pihak dapat berjalan sukses dan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Desa-desa di Kepulauan Nias juga diharapkan siap menyongsong kebijakan Presiden berupa program Dewi-Dedi (Desa Wisata-Desa Digital).

“Program Dewi-Dedi (Desa Wisata-Desa Digital) menjadi pemantik geliat ekonomi Desa, apalagi senafas dengan semangat Sail Nias 2019 menuju gerbang destinasi wisata dunia”, tegasnya.
(Rilis AR/YL)