Peringati HUT RI ke 74, Polres Lampung Utara Gelar Upacara

Lampung.Utara-GemilangNews.Com

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74,  Polres Lampung Utara menggelar upacara bendera merah putih yang diadakan di halaman Mapolres setempat, Sabtu (17/8/19).

Selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. dan peserta upacara terdiri pejabat utama beserta seluruh Perwira dan segenap personel Polri dan ASN Polres Lampung Utara.

Upacara yang dimulai sekira pukul 07.00 WIB tersebut diawali dengan penghormatan pasukan dan laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pengibaran pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kapolres Lampung Utara selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. pada upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.

Dalam suasana yang penuh dengan semangat nasionalisme ini, kita juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global, regional, maupun lokal.

Fenomena demokratisasi yang terjadi pada sebagian besar negara di dunia, telah mengubah tata kehidupan secara luas. Hal tersebut ditandai dengan menguatnya peran legislatif dan media, serta penghormatan supremasi hukum dan HAM.

Demikian pula dengan fenomena globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tidak hanya memberi manfaat yang besar, namun juga membawa berbagai potensi gangguan yang harus kita antisipasi bersama.

Oleh karena itu, pemolisian di era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi.

Upaya itu akan dapat terselenggara secara optimal dengan dukungan kualitas sumber daya manusia Polri yang unggul, yaitu tersedianya personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas, memiliki integritas dan moral perilaku yang luhur, serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri. Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing”.

Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, yaitu “peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas”. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini.

Dalam tataran operasional, kita akan menghadapi berbagai agenda nasional. Sebagai tahapan akhir pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, dan DPR RI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu Tahun 2019. Selanjutnya pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Oleh karena itu, untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, saya berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata.

Jalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal. “Selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri”, papar Kapolres Lampung Utara.

Selanjutnya setelah pelaksanaan upacara Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. memberikan penghargaan kepada personil yang telah berprestasi dan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada personil yang lahir pada bulan Agustus.(*/muhtar)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 18170 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2019/08/17/peringati-hut-ri-ke-74-polres-lampung-utara-gelar-upacara/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!