Melalui Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), PMI Batang Renovasi Gubuk Mbah Sukinah

BATANG-GemilangNews.com

Senyum mbah Sukinah (65) merekah, ketika rumahnya yang berpapan kayu dibongkar oleh PMI Kabupaten Batang melalui Pengurus PMI Kecamatan Reban, dibantu anggota Polsek Reban dan Koramil 05 Reban, Rabu (14/08).

Warga Desa Ngadirejo Rt 01 Rw 05, Kecamatan Reban tersebut, tidak menyangka dengan kondisi rumahnya yang berlantai tanah dan sering bocor disaat hujan itu, akhirnya bisa layak ditempati kembali, setelah mendapat perhatian dari PMI Batang untuk direnovasi.

“Terima kasih kepada PMI Batang, matur nuwun, yang telah bersedia memperbaiki rumah saya, tidak lupa kepada Bapak-bapak Polisi dan TNI yang telah ikut bergotong royong, saya pribadi tidak bisa membalas kebaikan panjenengan semua,” tuturnya.

Mbah Sukinah merupakan salah satu penerima manfaat dari program rentan sosial tahun 2019 dari PMI Batang yang diperuntukan untuk 30 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Batang.

Kepala Markas PMI Batang, Kusnadi mengungkapkan program RTLH PMI Batang sejauh ini sudah menyasar sembilan rumah. Masing masing di Kecamatan Kandeman 1 rumah, Blado 1 rumah,
Wonotunggal 1 rumah, Reban 2 rumah, dan Warungasem 2 rumah,
Bandar 1 rumah, dan Subah 1 rumah.

“Program tersebut sudah mencapai 30 persen, sisanya akan kita selesaikan segera, yakni sebanyak 21 rumah di delapan kecamatan,” katanya.

Dikatakan kusnadi, PMI Batang berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu menjalankan program ini, bahkan terjun langsung hingga proses pembongkaran rumah.

“Kami terus memohon bantuan dan dukungan semua pihak, terutama kepada jajaran Forkompimda yang telah bersinergi dengan PMI membantu warga yang membutuhkan,” pungkasnya. (Red)