Indramayu Bermandikan Cahaya Kemerdekaan

Indramayu-GemilangNews.com

Jelang perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia wajah kota Indramayu terus bersolek. Kini berbagai sudut wilayah dan kantor-kantor pemerintahan bermandikan cahaya untuk menyambut dan meriahkan bulan Agustus sebagai ‘bulan kemerdekaan’.

Plh. Bupati Indramayu, Rinto Waluyo mengatakan, kemeriahan rangkaian kegiatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Indramayu terus dilakukan. Setelah mendapatkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri dan juga dari Sekretariat Negara pihaknya langusng meneruskan surat tersebut ke semua perangkat daerah, pemerintah desa, hingga ke institusi terkecil di Kabupaten Indramayu dalam bentuk surat edaran Bupati Indramayu.

Rinto menambahkan, dalam surat edaran tersebut semua perangkat daerah harus ikut serta dalam menyemarakkan bulan kemerdekaan tersebut dan harus menghias gapura atupun kantornya masing-masing, serta melenyenggarakan berbagai kegiatan seperti kebersihan, aneka lomba, hingga memasang aksesoris lainnya.

“Surat edaran itu cukup efektif, mulai dari perangkat daerah hingga ke desa-desa semuanya merias kantor dan memanjakan masyarakat dengan pemandangan indah melalui aneka lampu hias. Kita ingin tahun ini bisa lebih semarak bila dibandingkan tahun lalu, bahkan dua buah balon udara sudah terpasang di Alun-alun dan Islamic Center,” kata Rinto.

Sementara itu salah seorang warga Kabupaten Indramayu, Pasha mengatakan, dirinya menyambut gembira wajah Indramayu yang mulai bersolek dengan memberikan kenyamanan kepada masyarakatnya. Aneka lampu yang sudah terpasang di jalan protocol dan perkantoran pemerintah semakin menambah kecantikan kota kecil tersebut.

Dirinya berharap, kecantikan kota Indramayu yang penuh cahaya ini harus bisa dilakukan selamanya dan tidak hanya terpasang jelang HUT Kemerdekaan dan Hari Jadi Indramayu semata, namun bisa diteruskan dengan berbagai perbaikannya.

“Indramayu sekarang sudah indah, kalau bisa seterunsya dan jangan hanya di kota tapi juga bisa disebar ke ibukota kecamatan. Aneka lampu hias bisa dimodif dengan bentuk kembang ataupun lainnya sehingga akan semakin indah bila dilihat malam hari,” kata Pasha.

Selanjutnya, keindahan kota ini harus juga dipertegas dengan melakukan tindakan tegas terhadap hal yang bisa menganggu keindahan seperti pengamen, pengemis, dan masalah social lainnya yang masih muncul seperti di perempatan traffic light.

Reporter : Rakiwan