Diskes Kolinlamil Mengadakan Ceramah Kesehatan Bagi Prajurit Dan PNS Di Lingkungan Kolinlamil Tentang Hepatitis A

JAKARTA-GemilangNews.com

Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut  Militer (Kolinlamil), mengadakan ceramah kesehatan bagi prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kolinlamil tentang Hepatitis A,  di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/7).

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. melalui Kadiskes Kolinlamil mengatakan bahwa, ceramah kesehatan yang digelar ini merupakan bentuk perhatian pimpinan kepada para prajurit dan PNS Kolinlamil, dengan tujuan memberikan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dihadapkan pada pelaksanaan tugas sebagai prajurit dan PNS dilingkungan Kolinlamil.

Lebih lanjut Kadiskes menambahkan bahwa dipilihnya materi hepatitis A pada ceramah kali ini, karena Hepatitis A adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A yang disebarkan dari tinja penderita yang biasanya menyebar melalui makanan dan minuman. Beberapa kasus hanya menampakkan sedikit gejala atau tanpa gejala terutama bagi yang berusia muda. Oleh karena itu perlu diketahui oleh para prajurit dan PNS Kolinlamil agar dapat waspadai.

Ceramah kesehatan dengan materi hepatitis A ini disampaikan oleh Letkol Laut (K) dr. Etra Ariadno, Sp. PD, yang berdinas di Rumah Sakit Marinir Cilandak sebagai Kepala Sub Departemen Penyakit Dalam. Dijelaskannya, hepatitis A merupakan cikal bakal penyakit dari kanker hati dan dapat merusak fungsi dan kerja organ hati.

Beberapa penyebabnya antara lain karena adanya jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati, akibat penggunaan obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu, hubungan seksual yang salah satu dari pasangan memiliki penyakit hepatitis. Ia juga menambahkan penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan tak pandang usia, baik bayi, anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Melalui kegiatan ini diharapkan para prajurit dan PNS dapat mewaspadai, mencegah dan menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing, yang berdampak pada peningkatan kinerja prajurit dan PNS Kolinlamil. (Dd)