Monev Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap II Tahun 2019 Di Provinsi Sulsel, Apa Hasilnya?

SULSEL-GemilangNews.com

Sesuai kebijakan Ditjen PPMD, Kemendes PDTT terkait penugasan Tim Monev Terpadu percepatan penyaluran Dana Desa tahap II Tahun 2019 dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Umum Daerah, maka Tim Monev dari unsur KN-P3MD dan SEKPRO, Choiril Akbar dan Rido melakukan monev ke Propinsi Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara pada Tanggal 12-16 Juni 2019.

Menurutnya, hasil monev terhadap masalah tersebut secara umum pihak Pemda sangat responsif sehingga di sisa waktu dua minggu ini dinilai masih dapat terkejar sesuai target penyaluran yang diamanatkan oleh PMK Nomor 193 Tahun 2018, yakni minggu keempat Bulan Juni ini.

Demikian rilis yang disampaikan ke Media, kemarin (17/06/2019).

Tenaga Ahli Manajemen Data Regional 5 KN-P3MD, Choiril yang didampingi Tenaga Ahli Provinsi Sulawesi Selatan, Adi dan Supriyadi Dodi mengatakan, dari 21 Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, persyaratan penyaluran Dana Desa Tahap II TA 2019 sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 jo. ayat 5 PMK 193/2018, yakni laporan Realisasi Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran sebelumnya (2018) minimal 75% yang diterima di RKUD dan Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Dana Desa Tahun sebelumnya (2018) sebesar 50 % yang diterima di RKUD di Provinsi Sulawesi Selatan diyakini telah terpenuhi dan nantinya dapat tersalurkan sesuai target.

“Pendamping Desa di semua level siap fasilitasi dan membantu Pemerintah demi percepatan penyaluran Dana Desa tahap II yang menjadi hak masyarakat Desa”, ujarnya.

Terkait hasil monev di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, persyaratan pengajuan pencairan DD 2019 tahap II (40%) dari RKUN ke RKUD sudah lengkap, saat ini menunggu surat dari Bupati setempat dan dokumen terkait pencairan DD 2019 tahap II 40% diajukan ke KPPN.

Sementara itu, menurut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang Ir. Marida Bungin, M.M, proses pengajuan dan dokumen persyaratan untuk pencairan Dana Desa Tahap II TA 2019 dari RKUN ke RKUD dijadwalkan pada Senin kemarin, yakni masuk Minggu Ke 3 bulan Juni 2019. Dia optimis Dana Desa Tahap II di Kabupaten Tana Toraja dapat disalurkan di minggu keempat Bulan Juni 2019 sesuai amanat PMK Nomor 193 Tahun 2018.

Untuk Kabupaten Toraja Utara, menurut Sekretaris Daerah Drs. Rede Roni Barr, M.Pd yang duduk bersama dengan Kepala Dinas PML, Sekdis Keuangan dan seluruh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) mengatakan bahwa proses input Laporan ke OM Span sudah hampir selesai dan dijadwalkan di minggu keempat bulan Juni 2019 juga dapat disalurkan ke Rekening Kas Umum Daerah.

Selain melakukan monev kegiatan tersebut, Choiril Akbar menghadiri acara Rapat Koordinasi dengan seluruh Pendamping Desa di Kab Toraja Utara dan dilanjutkan menghadiri Rapat Koordinasi TIK (Tim Inovasi Kabupaten) Program Inovasi Desa dan memberikan penguatan dan pengendalian terhadap Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dan Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) di Hotel Sahid Tana Toraja.

“Ini penting dilakukan terus menerus agar eksistensi dan profesionalisme Tenaga Ahli Profesional meningkat sesuai harapan bersama. Khusus keterlibatan Pendamping Desa dalam inputing Data SIPEDE, check list dan lain-lain itu bagus sekali sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi keberadaan pendamping desa”, pungkasnya. (YL)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/18/monev-percepatan-penyaluran-dana-desa-tahap-ii-tahun-2019-di-provinsi-sulsel-apa-hasilnya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2019/06/18/monev-percepatan-penyaluran-dana-desa-tahap-ii-tahun-2019-di-provinsi-sulsel-apa-hasilnya/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you can find 4713 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/18/monev-percepatan-penyaluran-dana-desa-tahap-ii-tahun-2019-di-provinsi-sulsel-apa-hasilnya/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2019/06/18/monev-percepatan-penyaluran-dana-desa-tahap-ii-tahun-2019-di-provinsi-sulsel-apa-hasilnya/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Here you can find 39397 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/06/18/monev-percepatan-penyaluran-dana-desa-tahap-ii-tahun-2019-di-provinsi-sulsel-apa-hasilnya/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!