DPMD Ciptakan Aplikasi SIDEKU Untuk Kemajuan Desa

Indramayu-GemilangNews.com

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini antara lain ditandai dengan perubahan perilaku dalam pencarian informasi oleh masyarakat. Perubahan perilaku ini berdampak bagi lembaga – lembaga yang bergerak dalam bidang jasa informasi baik berbasis profit maupun nonprofit.

Begitu pula pemerintahan desa sebagai organisasi lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah tingkat desa tidak terlepas dari perkembangan informasi teknologi (IT).
Pemanfaatan IT saat ini mutlak dilakukan karena dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat dan transparan bagi jalannya roda pemerintahan di tingkat desa di Kabupaten Indramayu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto menjelaskan, pemanfaatan IT untuk desa-desa mutlak dilakukan karena hal tersebut tidak dapat dihindari.

Saat ini, DPMD telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Desaku (SIDEKU) yang segera diterapkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Indramayu. Dengan SIDEKU diharapkan dapat mengoptimalkan pengembangan informasi data pemerintahan desa.

Sugeng menambahkan, melalui penerapan SIDEKU dapat mendorong upaya pengembangan informasi desa dalam dunia IT yang
mempunyai tujuan utama untuk pengembangan SDM Desa serta kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan informasi yang akurat dan pasti, serta meningkatkan jumlah dan jenis peluang informasi untuk masyarakat desa.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah desa dan masyarakat harus secara
bersama-sama mengambil inisiatif dalam pengembangan SDM masyarakat desanya, yang dapat mendorong nilai tambah jual dalam membangun perekonomian daerah,” kata Sugeng.

Sementara itu Kabid Pemerintahan Desa A. Sulaeman sebagai penganggas aplikasi SIDEKU ini menjelaskan, aplikasi tersebut akan diinformasikan dan dikoneksikan ke semua desa se Kabupaten Indramayu secara online yang berbasis android sehingga para kuwu dan pamong desa serta masyarakat dapat mengetahui alur regulasi tentang pemerintahan desanya.

Sulaiman menambahkan, SIDEKU sangat bermanfaat bagi pemerintahan daerah, organisasi serta dapat terinformasikannya informasi data pemerintahan desa baik produk hukum
Kemendagri, Kemendes, Kemenkeu, produk hukum
daerah, juklak dan juknis, dan data mitra Kemendes yang dapat diakses secara online dimanapun berada.

“SIDEKU ini juga dapat diakses oleh masyarakat tentang pemerintahan desa, baik produk hukum dan keterbukaan informasi seperti penggunaan dana desa dalam bentuk Portable Document Format (PDF),” katanya.

Dengan adanya inovasi dari DPMD ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang dapat mewujudkan visi dan misi Indramayu Remaja. (Rakiwan)