Kegiatan Tarling Ini Diawali Dengan Buka Bersama

BATANG-GemilangNews.com

Kegiatan Tarwih Keliling (Tarling)  Dandim 0736 Batang  dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang putaran ketiga dilaksanakan di Masjid Al Huda Desa Bismo, Kecamatan Blado Senin (13/5).

Kegiatan Tarling tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Batang Wihaji. Kegiatan ini diawali dengan buka bersama, kemudian dilanjutkan dengan sholat Isya dan Tarawih di masjid Al Huda, Bismo.

Dalam kegiatan Tarling ini diikuti seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Batang termasuk Kodim 0736/Batang yang dihadiri langsung oleh Dandim Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edy Suranta Sinulingga .

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji, usai sholat Tarawih menyampaikan program 1000 wirausaha baru bagi masyarakat Kabupaten Batang yang berminat usaha. Kalau yang sudah punya usaha tapi kurang modal Pemkab memiliki progran kredit lunak. Tapi bagi anak muda yang ingin mempunyai ketrampilan kita pelatihan kerja di Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi.

“Pelatihan wirausaha dan bantuan modal usaha kredik lunak dengan bunga 7 persen bekerjasma dengan Bank Jateng dengan nilai Rp 20 juta – 50 juta. Program kredit lunak untuk memberikan semangat kepada pengusaha baru lanjutnya  dalam menjalankan usahanya. karena  selama kalau bantuan hibah tidak sedikit yang berkembang dan seringkali usahanya bubar karena tidak ada tanggungjawab mengembalikanya,” kata Wihaji.

Dalam kesmpatan tersebut Wihaji juga berpesan agar masyarakat Bismo semangat dalam mendidik mensekolahkan anaknya, sekolah sekarang tidaklah mahal, karena banyak program beasiswa dari Pemkab dan Pemerintah Provinsi. Sekolah sangat penting dan menjadi sebuah keharusan, Permasalahan nanti nasibnya anak kita serahkan kepada Allah.

“Dalam kesempatan tersebut Wihaji juga menjanjikan akan memberikan bantuan Jamban bagi waraga, Batang tinggi buang air besar sebarangan. Maka untuk mengurangi dampak penyakit yang ditimbulkan, Pemkab genjar sosialisaikan program jambanisasi,” ujarnya.

Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry Rudi Judianto Napitupulu dalam kesempatannya mengajak kepada masyarakat Bismo untuk menjaga kemanan di wilayahnya masing – masing. Karena tanpa kondusifitas wilayah kegiatan ibadah dan aktifitas sehari – haripun akan terganggu.

“Oleh karena itu, kondusifitas dan kemanan sangat perlu dan tetap dijaga, sehingga dalam menjalankan ibadah pun kita bisa khusuk, karena mustahil tanpa kondusifitas kesejahteraan tidak mungkin tercapai. Orang nomor satu di jajaran Kodim 0736 Batang  meminta  doanya diberikan keselamatan dan keshatan untuk aparat Polisi dan TNI, dalam menjaga pelaksanan Pemilu yang masih menunggu pengumuman dari KPU,” kata Henry.

Mari kita doakan agar Pemilu berjalan aman sukses tanpa ekses, dan kembali kerja keras dan kerja cerdas agar agar ekonomi tambah meningkat keluarga dan anaknya bisa sehat serta mendapatkan pendidikan lebih baik.

Lebih lanjut, Kapolres Batang AKBP Edy Suranta Sinulingga menghaimbau kepada masyarakat desa untuk mengawaai, menjaga anak dan saudaranya dalam menempuh pendidikan agamanya karena terorisme untuk melakukan peran aksinya mengatas namakan islam yang salah memahami.

“Fenomena ini menjadai permasalahan besar yang harus menjadai perhatian kita bersama dalam mempelajari agama. Awasi anak kita agar tidak ikut aksi radikalisme yang memanfaatkan atau mengatas namakan  Islam untuk tujuan politiknya. Bahwa tidak ada agama yang mengajarkan radikalisme dan Islam   tidak mengajarkan radikalisme. Tapi orangnya  yang mengjarkan radikalisme, dengan menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian samapai bom bunuh diri,” kata Edi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Wihaji menyerahkan bantuan yang nilai totalnya mencapai Rp 27 juta, untuk Rumah Tidak layak Huni, lansia, disabelitas, anak yatim piatu, janda dan tabungan sekolah sebesar Rp 250 ribu dan Rp 500 ribu.(dade)