Satlinlamil Surabaya Menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H

SURABAYA-GemilangNews.com

Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan prajurit, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H di masjid At-taqwa, Mako Satlinlamil Surabaya, Selasa (16/4).

“Dengan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1440 H / 2019 M Kita Implementasikan Nilai-nilai Sholat Dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI” merupakan Tema peringatan kali ini. Acara yang dihadiri oleh Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto didampingi Ketua Cab 3 Jalasenastri Satlinlamil Surbaya Ny. Wiwit Heri Prihartanto, para perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta pengurus dan anggota Jalasenastri cabang 3  Satlinlamil Surabaya ini diawali dengan Acara  pembacaan ayat suci Al Quran.

Komandan Satlinlamil Surabaya dalam amanatnya mengatakan  Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat muslim, dimana perintah Sholat diterima langsung oleh Rasulullah SAW dari Allah SWT. Peringatan isra Miraj menjadi media pembinaan  mental spiritual sebagai bagian dari pola pembinaan personel TNI AL.

Ditempat terpisah Pangkolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. mengharapkan dengan pelaksanaan Isra Miraj ini akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan prajurit Satlinlamil Surabaya beserta keluarganya sehingga dapat mengimplementasikan hikmah Isra Miraj dalam kehidupan sehari-hari.  Sementara itu, Ustadz KH. Abdul Fatah sebagai penceramah menyampaikan esensi dari peristiwa Isra Miraj adalah perintah Allah SWT kepada umat manusia untuk melaksanakan Sholat lima waktu.

Dengan mendirikan sholat akan memperkokoh iman dan takwa kita kepada Allah SWT, menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar. Selain itu, penceramah juga menekankan pentingnya menghadiri majlis taklim karena disamping dapat imbalan pahala juga akan memperdalam ilmu agama kita, penting pula mengenang perjuangan Nabi Muhamad SAW dalam menegakkan dinul Islam dengan mempelajari Sirah Nabawi.

“Sholat itu akan meningkatkan keimanan, melatih disiplin karena Sholat mengajak kita untuk tepat waktu, melatih kita untuk loyal mengikuti Imam sehingga sejalan dengan pola kehidupan para prajurit sebagai tentara profesional yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” kata penceramah mengaitkan dengan tema.

Mengakhiri ceramahnya, Ustadz Abdul Fatah mengajak seluruh jamaah untuk berdoa demi keselamatan seluruh prajurit TNI beserta keluarganya serta kedamaian Indonesia, “semoga pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan lancar,” ujarnya. (dade)