Dandim 0430/Banyuasin: Setetes Darah Yang Diberikan Dapat Menyelamatkan Jiwa Manusia

BANYUASIN-GemilangNews.Com

Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, Kodim 0430/Banyuasin bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Bhakti Sosial donor darah bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyuasin, Jumat (21/9/2018).

Kegiatan donor darah yang ditangani oleh Tim Medis dari PMI dan RSUD Kab. Banyuasin ini diikuti lebih dari 60 orang peserta terdiri dari anggota Kodim 0430/Banyuasin, Persit KCK Cabang LIII Dim 0430, perwakilan dari Sat Pol PP Kab. Banyuasin dan Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Banyuasin.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, S.T., M.M. yang turut dalam donor darah mengatakan, bahwa kegiatan bhakti sosial ini selain dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI juga untuk membantu warga yang membutuhkan darah melalui PMI Kab. Banyuasin.

“Keterbatasan persediaan darah di PMI Kabupaten Banyuasin saat ini, menuntut kita semua berperan aktif dalam memasyarakatkan donor darah dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia bagi yang membutuhkan,” ujar Letkol Alfian.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Direktur RSUD Banyuasin dr. Hj. Emi Lidya  Arlini, M.Si., bahwa sinergitas TNI dengan PMI dan RSUD Banyuasin sangat diperlukan untuk menggugah warga negara agar senantiasa melakukan donor darah selain untuk kesehatan pribadi sekaligus dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah karena dengan setitik darah dapat menyelamatkan nyawa manusia.

“Kami atas nama PMI dan RSUD Banyuasin menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan segala bentuk kerja sama yang telah dilakukan dengan TNI Kodim 0430/Banyuasin tentunya harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap dr. Emi.

Diketahui selain melaksanakan Bhakti Sosial donor darah, jajaran Kodim 0430/Banyuasin juga melaksanakan Karya Bhakti berupa pembersihan fasilitas umum diantaranya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Banyuasin dan di lingkungan RSUD Banyuasin yang diikuti oleh anggota Kodim 0430/Banyuasin, para pelajar dan Dinas Kebersihan Kabupaten Banyuasin serta komunitas masyarakat lainnya.

Reporter: Nopri