Korem 044/Gapo Kerjasama Tandatangani Cetak Sawah

PALEMBANG-GemilangNes.Com

Korem 044/Gapo dan tiga Dinas Pertanian Kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur menggelar acara pembahasan dan penandatanganan RAB perluasan cetak sawah baru Tahun 2018 bertempat di Ruang Rapat Markas Korem 044/Gapo, Jalan Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Selasa (10/7/2018).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Musi Banyuasin Ir. A. Thamrin, Kadistan Kabupaten OKI Syaripudin, S.P., M.Si. dan Kadistan Kabupaten OKU Timur Ir. Ruzuan Efendi, M.M. dengan sasaran cetak sawah seluas 900 hektar atau masing-masing Kabupaten 300 hektar.

Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. yang diwakili Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. mengatakan, langkah ini sebagai bentuk tindaklanjut hasil pertemuan kerjasama Kodam II/Swj dengan Dinas Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu guna mewujudkan swasembada pangan secara nasional yaitu dengan menciptakan daerah-daearh baru sebagai lumbung pangan nasional. “Untuk itu saya sangat mendukung, agar rencana ini segara terwujud dan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” ujar Letkol Feridian saat membuka acara tersebut.

Lebih lanjut, Kasiter menegaskan, bahwa kerjasama membangun pertanian juga sejalan dengan amanah konstitusi yang tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Salah satu tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan didarat dalam konteks tersebut. Korem akan tetap komitmen meneruskan program cetak sawah di wilayah Provinsi Sumsel. Sehingga program swasembada pangan tetap akan berkelanjutan mencapai target pekerjaan pencetakan sawah baru. “Saya percaya apabila semua itu dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh maka swasembada pangan yang dulu pernah kita capai dapat kembali terwujud dan kesulitan pangan rakyat Indonesia bisa teratasi,” terang Kasiter.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. sendiri yang hadir usai penandatanganan RAB perluasan cetak sawah mengatakan, perluasan area sawah yang akan dilaksanakan di 3 Kabupaten ini dalam rangka meningkatkan jumlah produksi pertanian khususnya beras guna memenuhi kebutuhan beras regional. “Dihadapkan dengan jumlah lahan yang ada, diperlukan adanya perluasan lahan sawah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan beras di Provinsi Sumsel,” ujar Danrem.

Oleh karena itu, lanjutnya, seiring kebijakan dari Kementerian Pertanian, maka dilakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka pelaksanaan perluasan lahan pertanian di 3 Kabupaten. “Ambil pengalaman tahun sebelumnya yang positif, dan saya yakin dan percaya, Kodim bersama Dinas Pertanian Kabupaten setempat dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik, melalui sinergitas antar seluruh komponen,” kata Kolonel Budiman.

Reporte: Nop/Yuli

 

 

 

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you will find 36082 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/07/10/korem-044-gapo-kerjasama-tandatangani-cetak-sawah/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you can find 48638 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/07/10/korem-044-gapo-kerjasama-tandatangani-cetak-sawah/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!