Hasil Pleno KPU Pilkada Serentak: Ridho- Bachtiar & Agung-Budi Unggul

Lampung.Utara-Gemilang News.Com

Dalam pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPU Lampung Utara selama dua hari (4-5/7/18) di sekretariat KPU setempat. Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung,  Ridho- Bachtiar beserta paslon Bupati  dan Wakil Bupati Lampung Utara, Agung -Budi memperoleh suara terbanyak pada perhelatan pesta demokrasi pemilukada pada 27 Juni yang lalu.

Hasil rekapitulasi paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, Paslon nomor urut satu (Ridho-Bachtiar) memperoleh suara 129.292 (39,26 %), disusul oleh paslon nomor urut tiga (Arinal-Nunik) dengan perolehan suara 85.523 suara (2597%). Setelah itu paslon nomor urut dua (Herman-Sutono) dengan suara 65.377 (19,85%) dan urutan terakhir paslon nomor empat (Mustafa-Ahmad Jajuli) dengan suara 37.987. Jumlah total suara sah 318.179 suara dan tidak syah 11.113 . Serta jumlah suara syah dan tidak syah berjumlah 329.292. Sementara yang tidak menyalurkan haknya 87.191 suara.

“Sementara untuk paslon Bupati dan Wakil Bupati Lampura, paslon nomor urut tiga (Agung-Budi) menempati posisi teratas dengan perolehan suara 162.426 (49,33%) disusul oleh paslon nomor urut satu (Zainal-Yusrizal) sebesar 104.855 (31,86%)dan posisi terakhir paslon nomor urut dua (Ozi-Oce) dengan suara 52.139 (15,84%).

Total suara syah berjumlah 319.450 suara dan tidak syah 9.789. Serta jumlah suara syah dan tidak syah sebanyak 329.239 suara. Sementara yang tidak mencoblos berjumla 89.181 suara.

Usai melakukan rapat pleno, Ketua KPU Lampura Marton mengatakan, pelaksanaan pemilukada baik untuk Pilgub maupun Pilbup di Lampura berlangsung lancar dan aman. Tentunya semua itu berkat dukungan seluruh elemen masyarakat yang ada.

“Alhamdulillah tahapan rekapitulasi penetapan perolehan suara pilkada, baik itu Bupati-wakil Bupati dan Gubernur-wakil Gubernur telah kita selesaikan. Dan berlangsung lancar, aman dan kondusif, bila didalamnya ada protes  hanya sifatnya administrasi, “tutur Marton didampingi anggota Komisoner lainnya, Apriza Ria usai menutup rapat pleno.

Masih kata Marton, setelah penetapan perolehan suara baik untuk Pilgub dan Pilbup, pihaknya akan melakukan penetapan paslo  terpilih pada dua hingga tiga hari kedepan. ” khusus untuk paslon Bupati dan Wakil Bupati akan kita tetapkan siapa yang menang dan terpilih dengan ketentuan tidak adanya gugatan. Jika ada gugatan tentu kita juga menunggu hasil inkrahnya baru ditetapkan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panwaslu kabupaten Lampura, Zainal Bahtiar mengapresiasi kinerja seluruh jajarannya, KPU dan instansi terkait dalam bersinergi menyelenggarakan pesta demokrasi yang aman, damai tertib dan kondusif. ” Alhamdulillah selama kita mengawasi pleno rekapitulasi perolehan suara baik untuk pilgub maupun pilbup berjalan lancar. Dan secara keseluruhan bisa dikatakan pengawasan yang kita lakukan  selama ini relatif aman dan lancar. Kita juga mengapresiasi peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilukada dan juga kinerja rekan  kita KPU dalam penyelenggaraannya. Sekali lagi terimakasih kepada pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Kejaksaan yang berperan serta mendukung jalannya pesta demokrasi agar tertib, lancar, aman dan kondusif,” pungkasnya.(Muhtar)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2018/07/05/hasil-pleno-kpu-pilkada-serentak-ridho-bachtiar-agung-budi-unggul/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: gemilangnews.com/2018/07/05/hasil-pleno-kpu-pilkada-serentak-ridho-bachtiar-agung-budi-unggul/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!