Dandim 0418/Palembang Silahturahmi Safari Merah Putih

PALEMBANG-Gemilangnews.com

Kodim 0418/Palembang menggelar safari merah putih. Sebagai upaya untuk menjalin tali silahturahmi dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, dengan melakukan upacara bendera gabungan antara Kodim 0418/Palembang, Basarnas Palembang, PPM Palembang dan Harian Sumeks Palembang bertempat di halaman Kantor Basarnas Palembang Jln. Gubernur H. Asnawi Mangku Alam Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame Kota Palembang, Selasa (17/4/2018).

Dalam kegiatan upacara tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS., Komandan Upacara Kasiops Basarnas, Inarwan dan Perwira Upacara Peltu Mulhadi anggota Kodim 0418/Palembang.

Diketahui Pejabat yang hadir diantaranya Kasdim 0418/Palembang Mayor Inf Banu Tricahyono, Toto Muliono, S.E., para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0418/Palembang, para Kasi Basarnas Palembang dan Lurah Talang Jambe Bapak Zulkarnaen serta Bapak Syahroni tokoh agama Kel. Talang Jambe.Dalam amanatnya, Inspektur upacara Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. menyampaikan ucapan terimah kasih kepada peserta upacara serta kepada Basarnas yang telah memfasilitasi safari merah putih dengan penyelenggaraan upacara gabungan. Dengan upacara ini mengingatkan kembali komitmen kecintaan dan rela berkorban bagi bangsa dan negara. Bahwa tidak semua orang rela berkorban untuk negara, saat ini hanya sebagian orang hanya mementingkan kepentingan pribadi dan golongan. “Upacara merupakan indikator semangat dan rela berkorban bagi bangsa dan negara,” jelas Letkol Honi Havana.
Selanjutnya, Dandim menyebutkan adanya perubahan sekarang ini membuat TNI harus segera menyesuaikan dan memerintahkan kepada pejabat TNI cepat membaca perubahan agar bisa membuat keputusan yang tepat. Terlebih saat ini adalah tahun Pilkada, dimana suhu politik meningkat. Kerawanan akan timbul di setiap daerah, untuk itu seluruh personil TNI dan PNS harus respon terhadap isu-isu yang bersifat provokatif. “Prajurit dan PNS TNI harus netral dan menjamin kesuksesan Pilkada agar berjalan dengan lancar,” tegas Dandim 0418/Palembang.Selain itu, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. juga menyampaikan, bahwa TNI, Basarnas, tokoh agama, tokoh masyarakat serta komponen bangsa lainnya harus bersinergi untuk kemajuan Bangsa. Indonesia adalah kaya akan sumber daya alam (SDA), untuk itu harus sama-sama menjaga dari pihak-pihak yang ingin menguasai. “Ego sektoral harus dibuang jauh-jauh, karena Indonesia adalah negara yang majemuk sehingga di buatlah Bhineka Tunggal Ika untuk mempersatukan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Reporter: Nopri